Daftar Kepala Daerah Perempuan Pemenang Pilkada 2020 di Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 08:51 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Ilustrasi Pilkada. (Andhika Akbaransyah)
Semarang -

Sebanyak 17 pasang kepala daerah terpilih dari hasil Pilkada 2020 di Jawa Tengah sudah dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kemarin. Dari total 34 orang yang dilantik itu, tujuh di antaranya perempuan.

Ada tiga perempuan yang menjabat sebagai kepala daerah yaitu di Kabupaten Klaten yaitu Bupati Sri Mulyani berpasangan dengan Yoga Hardaya. Kemudian di Kabupaten Sukoharjo Etik Suryani berpasangan dengan Agus Santosa, dan Kabupaten Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi berpasangan dengan Sudono.

Untuk perempuan yang duduk di posisi wakil kepala daerah ada empat orang yaitu di Kabupaten Kebumen yakni Ristawati Purwaningsih yang mendampingi Arif Sugiyanto dan Tri Yuli Setyowati mendampingi Arief Rohman di Kabupaten Blora.

Kemudian ada di Kabupaten Purworejo Yuli Hastuti yang mendampingi Agus Bastian, dan di Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu yang kembali mendampingi Hendrar Prihadi untuk periode kedua.

Untuk diketahui di Jawa Tengah ada 21 daerah yang menggelar Pilkada 2020. Namun masih ada empat daerah yang belum digelar pelantikan karena masa jabatan untuk kepala daerah yang menjabat belum rampung.

"Grobogan, Demak, Sragen dan Kabupaten Pekalongan belum ikut dilantik karena kepala daerahnya belum berakhir masa jabatannya," kata Divisi Data dan Informasi KPU Jateng Paulus Widiyanto kepada detikcom lewat pesan singkat beberapa waktu lalu.

Dari empat daerah tersebut ada empat perempuan yang duduk sebagai kepala daerah yaitu di Kabupaten Grobogan Sri Sumarni didampingi Bambang Pujiyanto, Kabupaten Demak Eistianah didampingi Ali Makhsun, Kabupaten Pekalongan Laila Fadia didampingi Riswadi, dan Kabupaten Sragen Kusdinar Untung Yuni didampingi Suroto.

Sehingga, total perempuan dari 21 daerah yang menggelar Pilkada ada 11 orang dengan kedudukan 7 orang sebagai kepala daerah dan 4 orang sebagai wakil kepala daerah.

Lihat juga Video: 26 Februari 2021, Pemerintah Mulai Lantik Kepala Daerah Terpilih

[Gambas:Video 20detik]



(alg/sip)