Ganjar soal Banjir di Pati: Normalisasi Sungai Juwana Jadi Prioritas

Arif Syaefudin - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 19:49 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Pati, Selasa (23/2/2021).
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Pati, Selasa (23/2/2021). Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Pati -

Bupati Pati Haryanto meminta pemerintah pusat segera melakukan normalisasi di Sungai Silugonggo Juwana yang kerap menjadi sumber banjir di wilayahnya. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memprioritaskan normalisasi Sungai Juwana ini.

"Kemarin sudah ketemu Pak Dirjen Sumber Daya Air, ketemu Pak Menteri PUPR agar (normalisasi Sungai Juwana) menjadi prioritas. Sebab kalau itu tidak menjadi prioritas, akan terjadi pengulangan," kata Ganjar kepada wartawan saat berkunjung ke Pati, Selasa (23/2/2021).

Ganjar menyebut normalisasi Sungai Silugonggo Juwana bakal menjadi pekerjaan awal penanggulangan banjir di Pati. Sebab, sungai yang berada di ujung timur utara Jawa tengah ini memiliki 26 anak sungai yang melintasi beberapa kabupaten tetangga Pati.

"(Normalisasi) Sungai Juwana jadi prioritas, karena sungai Juwana itu anak sungainya banyak, ada 26. Ini saya lagi apa namanya, ngecek, yang paling ujung itu ya ujung utara timur," ujar Ganjar.

Menanggapi hal ini, Bupati Pati Haryanto berharap agar wacana normalisasi Sungai Juwana ini segera terealisasi. Sehingga masalah banjir di Pati bisa tertangani.

"Ya mudah-mudahan kita dorong, terima kasih kepada Pak Gubernur, udah merespons sungai. Mudah-mudahan nanti tinggal realisasi. Kan tidak serta-merta, karena proses membutuhkan waktu," harap Haryanto.

Sebelumnya, Haryanto menyampaikan salah satu upaya menanggulangi banjir di Pati dengan melakukan normalisasi Sungai Silugonggo Juwana. Pihaknya mengaku sudah membuat Detail Engineering Design (DED) serta beraudiensi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) terkait normalisasi Sungai Juwana ini.

"Banjir ini merupakan bencana rutin yang terjadi karena luapan Sungai Silugonggo. Lokasi yang terdampak banjir pun adalah wilayah yang berada di sepanjang alur sungai tersebut," kata Haryanto saat memantau banjir di Desa Babalan, Kecamatan Gabus, Senin (15/2) lalu.

Simak video 'Banjir Tak Kunjung Surut, Warga Pati Mulai Mengungsi':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)