Hujan Lebat, Kompleks Kantor Gubernur Jateng Kebanjiran

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 17:51 WIB
Kompleks kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) di Kota Semarang kebanjiran, Selasa (23/2/2021) sore.
Kompleks kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) di Kota Semarang kebanjiran, Selasa (23/2/2021) sore. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang -

Kompleks kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) di Kota Semarang kebanjiran sore ini. Sejumlah motor dan mobil tak luput terendam banjir.

Pantauan detikcom, hujan lebat mengguyur pusat Kota Semarang sejak sekitar pukul 16.00 WIB, Selasa (23/2). Genangan air tampak di Gedung B kantor Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah itu. Air dengan cepat masuk ke dalam hingga setinggi sekitar mata kaki, sedangkan di halaman belakang bervariasi mulai dari betis hingga lutut.

Air juga masuk hingga jalan penghubung ke gedung A atau kantor Gubernur Jateng. Gedung A lebih tinggi sehingga air tidak masuk ke area ini.

Sementara itu, puluhan motor dan mobil terendam genangan yang terus mengalir. Beberapa terlihat berusaha menyelamatkan kendaraan mereka ke tempat lebih tinggi.

Kompleks kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) di Kota Semarang kebanjiran, Selasa (23/2/2021) sore.Kompleks kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) di Kota Semarang kebanjiran, Selasa (23/2/2021) sore. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

Asisten Pemerintahan Pemprov Jateng, Sarwa Pramana, yang masih berada di kantor langsung berkoordinasi dengan pimpinan proyek pembangunan Gedung DPRD Jateng yang masih berada di satu kawasan.

Setelah Sarwa dan pihak proyek bertemu, mereka kemudian berjalan menuju gerbang dan memperlebar lubang untuk keluar air ke selokan. Pukul 17.15 WIB, air mulai surut di jalan penghubung Gedung A dan B, namun halaman belakang masih tergenang.

Kompleks kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) di Kota Semarang kebanjiran, Selasa (23/2/2021) sore.Kompleks kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) di Kota Semarang kebanjiran, Selasa (23/2/2021) sore. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

"Saya 30 tahun di sini baru kali ini air masuk," kata salah satu ASN saat ditemui detikcom, Selasa (23/2/2021).

Sementara itu Jalan Pahlawan dan Simpang Lima Semarang juga terpantau ada genangan. Dari informasi yang dihimpun, beberapa ruas jalan juga terjadi genangan antara lain Jalan Simongan, dekat Klenteng Sampo Kong.

Simak video 'Wujud Air Sumur Warga yang Menghitam-Bau Usai Banjir di Kudus Surut':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/ams)