Sempat Terbakar, Gerai ATM di Sleman Dirusak Orang Misterius

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Senin, 22 Feb 2021 16:32 WIB
Garis polisi dilarang melintas..Grandyos Zafna//ilustrasi/detikcom
Ilustrasi. Foto: Grandyos Zafna
Sleman -

Gerai Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang berada di Jalan Persatuan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dirusak oleh orang tak dikenal. Akibatnya, gerai ATM itu sempat terbakar.

"Kejadiannya Minggu (21/2), saat itu saya tidur di depan (gerai ATM), dengar suara grobyak saya kira tabrakan terus bangun, saya lihat ke barat sudah gelap tahu-tahu (ATM) murup (api menyala), lalu satpam keluar menengok ATM itu lanjut lari ke kantor ambil kompresor (alat pemadam api ringan)," ujar salah seorang saksi mata Mardi kepada wartawan, Senin (22/2/2021).

Saat itu Mardi yang berprofesi sebagai tukang becak sedang tidur di depan gerai ATM tersebut. Menurutnya, setelah mendengar suara itu, kemudian muncul api yang membakar gerai ATM.

"Ada api, besar. Nggak lama kebakarnya, terus saya lari ke BNI nyari satpam lalu saya panggil dan mendatangi ATM Mandiri (untuk bantu memadamkan)," jelasnya.

Dia mengaku melihat ada tiga orang yang diduga sebagai pelaku. "Orangnya lari, satunya ke selatan naik motor, saya lihat ada tiga orang, perempuan 1 lakinya 2," tuturnya.

Diwawancara terpisah, Kapolsek Bulaksumur AKBP Sugiyarto membenarkan peristiwa itu. Peristiwa perusakan ATM ini telah dilaporkan ke polisi.

"Benar, ada laporan terjadi perusakan ATM Mandiri wilayah Caturtunggal, Depok, pada Minggu (21/2) pukul 03.14 WIB," kata Sugiyarto saat ditemui di kantornya hari ini.

Pihak Polsek bersama Polres, kata Sugiyarto, telah melakukan olah TKP. Hingga saat ini polisi masih mengejar pelaku.

"Kemudian sudah dilakukan olah TKP oleh polres, sampai saat ini kami masih melakukan penyelidikan. Kita belum tahu berapa orang yang melakukan," jelasnya.

Saat ditanya soal detail kejadian, Sugiyarto hanya menjelaskan jika pelaku melempar suatu benda yang kemudian menyebabkan percikan api. Api itu kemudian membakar mesin ATM.

"(Ada benda) Dilempar dan menimbulkan percikan api. ATM yang rusak," paparnya.

Berdasarkan informasi yang beredar, benda yang dilempar yakni molotov. Namun polisi belum bisa memastikannya.

Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Deni Irwansyah saat dimintai konfirmasi soal dugaan pelemparan molotov di ATM itu belum bisa memastikan kebenarannya. Menurutnya harus ada pemeriksaan lebih lanjut guna membuktikan hal tersebut.

"Kita belum bisa pastikan itu (karena molotov) harus kita cek dulu di laboratorium forensik," kata Deni saat ditemui di Mapolres Sleman hari ini.

Saksikan juga 'Polisi Tangkap 2 Komplotan Maling Barang Branded Mal di Sleman':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)