MK Tolak Gugatan Pilbup Purworejo, Paslon Terpilih Agus-Yuli Ditetapkan

Rinto Heksantoro - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 11:43 WIB
Rapat pleno terbuka penetapan paslon terpilih Pilkada Purworejo 2020, Kamis (18/2/2021).
Rapat pleno terbuka penetapan paslon terpilih Pilkada Purworejo 2020, Kamis (18/2/2021). (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

KPU Purworejo menetapkan paslon terpilih dalam Pilkada 2020 hari ini. Penetapan baru bisa dilaksanakan setelah gugatan salah satu paslon Pilkada Purworejo ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dan setelah adanya putusan penetapan paslon terpilih dari MK.

Sebelumnya diketahui, pihak dari paslon nomor urut 02 yakni Kuswanto-Kusnomo menyatakan keberatan dan menolak hasil rapat pleno KPU serta enggan menandatangani Berita Acara Penetapan. Penolakan dilakukan dengan alasan ada dugaan pelanggaran saat pelaksanaan Pilkada yang merugikan paslon 02 hingga berujung mengajukan gugatan ke MK.

Setelah proses gugatan berjalan, akhirnya MK membacakan penetapan sengketa Penetapan Hasil Pemilu Kepala Daerah (PHPKada) Kabupaten Purworejo pada Senin (15/2) lalu. Melalui amar putusan perkara nomer 29/PHP.Bup XIX/2021, Majelis Hakim Konstitusi menyatakan bahwa, permohonan pemohon Paslon nomor 02 tidak dapat diterima.

"Jadi dalam gugatan itu, tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah tapi MK memutuskan bahwa permasalahan yang diajukan itu ditolak oleh MK. Pertama karena tenggat waktunya tidak memenuhi syarat. Harusnya kan 3 hari setelah kami mengumumkan hasil rekapitulasi, itu kan dari pihak paslon 02 sudah kelewat sehari," kata Ketua KPU Purworejo, Dulrohim saat ditemui detikcom usai Rapat Pleno Terbuka Penetapan Paslon Terpilih dalam Pilbup/Wabup Purworejo Tahun 2020 di Ballroom Hotel Plaza Jalan Tentara Pelajar No 21 Purworejo, Kamis (18/2/2021).

"Kalau dari pokok permohonannya kami sebetulnya sudah menyiapkan bukti-bukti, tapi tidak sampai di situ sudah ditolak oleh MK, proses belum sampai berlanjut dan sudah diputus oleh MK untuk tidak dilanjutkan," imbuhnya.

Setelah gugatan ditolak, MK kemudian menerbitkan putusan penetapan paslon terpilih dalam Pilkada Purworejo 2020. Pasca putusan Mahkamah Konstitusi No 29/PHP.BUP-XIX/2021 tersebut, KPU Purworejo kemudian menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Paslon Terpilih Dalam Pilbup/Wabup Purworejo Tahun 2020.

"KPU Kabupaten Purworejo telah melaksanakan Rapat Pleno Terbuka untuk menetapkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2020 yakni menetapkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2020, Nomor Urut 3, Agus Bastian dan Yuli Hastuti dengan perolehan suara sebanyak 147.109 atau 36,38 persen dari total suara sah sebanyak 404.340," tutupnya.

(sip/mbr)