Round-Up

Ada Dentuman di Bawah Tanah Saat Sumur-sumur di Klaten Ambles

Achmad Syauqi - detikNews
Kamis, 18 Feb 2021 08:58 WIB
Petugas memasang garis polisi di sumur warga Klaten yang ambles, Rabu (17/2/2021).
Petugas memasang garis polisi di sumur warga Klaten yang ambles. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Sebanyak 12 sumur rumah milik warga di Desa Jungkare, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ambles ke dalam tanah. Sumur-sumur gali tersebut ambles secara bertahap sejak dua pekan terakhir.

"Kejadian-kejadian itu (sumur ambles) sudah dua Minggu lalu. Tidak bersamaan tapi mulai Minggu yang lalu terus tambah sampai hari ini," ungkap Kades Jungkare Kecamatan Karanganom, Wakhid Muchsin, Rabu (17/2/2021).

Pantauan detikcom di lokasi, sumur warga yang ambles berada di permukiman padat. Mayoritas sumur tersebut berupa sumur gali di luar rumah.

Sumur beserta temboknya masuk ke tanah sehingga yang tampak hanya lubang di permukaan. Sebagian besar lubang yang ambles tersebut sudah ditutup tanah meskipun tak merata dengan permukaan tanah.

Muchsin menjelaskan dari data sementara ada 12 sumur yang ambles. Delapan di antaranya tanahnya sudah ambles dan empat lainnya menunjukkan tanda retak-retak.

"Jumlah sekitar 12 sumur. Delapan sudah runtuh tanah dan bangunannya, sedangkan empat masih gejala retak," sambung Muchsin.

Atas kejadian itu, terang Muchsin, pemerintah desa sudah berkoordinasi dengan BPBD Pemkab Klaten untuk mengecek dan mendata. Sebagian besar lubang sumur yang ambles sudah ditutup warga.

"Sementara diurug dengan tanah. Kalau tidak diurug nanti menganga membahayakan anak-anak dan masyarakat sekitarnya," ungkap Muchsin.

Simak juga video 'LAPAN Duga Dentuman Buleleng Bali Berasal dari Meteor Jatuh':

[Gambas:Video 20detik]






Selanjutnya: suara dentuman saat sumur ambles