Dum! Warga Klaten Sempat Dengar Dentuman Sebelum Sumur Ambles

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 13:30 WIB
Penampakan sumur warga Klaten yang ambles
Penampakan sumur warga Klaten yang ambles (Foto: Acmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Sebanyak 12 sumur rumah milik warga di Kecamatan Karanganom, Klaten ambles. Warga mengaku sempat mendengar suara dentuman dari dalam tanah cukup keras sebelum sumur ambles.

"Ada dentuman beberapa kali, "dum, dum' begitu dan terakhir keras sehingga keluarga keluar rumah semua," ujar Tulus Budiyono (59) warga RT 10 Desa Jungkare, Kecamatan Karanganom kepada detikcom, Rabu (17/2/2021).

Tulus mengatakan sumurnya ambles sedalam sekitar tiga meter pada Sabtu (13/2) dini hari lalu. Sebelum ada suara dentuman, keluarganya juga mendengar suara gemericik dari dalam sumur.

"Satu minggu sebelum dentuman ada suara gemericik di dalam tanah. Kadang seperti batu dilempar ke air," sambung Tulus.

Suara dentuman itu, kata Tulus, diyakini pertanda sumur akan runtuh. Sehingga keluarganya segera menjauh dan barang-barang yang di dekat lokasi dipindahkan.

"Kita semua di rumah bagian depan sebab sudah curiga sumur akan ambrol. Barang sudah saya pindahkan semua dan ternyata benar sumur ambles," sambung Tulus.

Dia menceritakan sumur di rumahnya dibuat sekitar 20 tahun yang lalu. Sumur itu lalu dipasang lingkaran beton.

"Bus beton cuma separo (setengah). Padahal kedalaman sekitar 15 meter. Ini lubang kita tutup tanah agar tidak longsor berjalan terus," kata Tulus.

Tulus pun mengaku was-was dengan peristiwa sumur ambles di rumahnya. Dia khawatir amblesnya sumur akan merambat ke bagian rumahnya yang lain.

"Ya setelah ini resah, tidak tenang. Kadang ke rumah mertua dan kadang pulang, sementara tidak ada tembok rumah yang retak," terang Tulus.

Sementara itu, warga RT 10 lainnya, Danang menyebut sumur rumahnya belum ambles. Namun lantai di dekat sumur sudah retak-retak.

"Tidak ambles sumurnya, tapi retak sebab katanya dulu lokasi itu lubang tempat sampah jadi pondasi terus turun. Kalau sumur memang dindingnya sering ambrol tapi tidak ambles. Sumur tidak ada lingkaran bus betonnya," terang Danang.

Selengkapnya soal sumur warga Klaten yang ambles...

Lihat juga Video: LAPAN Duga Dentuman Buleleng Bali Berasal dari Meteor Jatuh

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2