Momen Haru HUT Kota Solo, FX Rudy-Purnomo Pamitan ke ASN dan Warga

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 14:35 WIB
Solo -

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-276 Kota Solo tahun ini menjadi momen berpamitan FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Solo serta masyarakat. Tepat pada HUT hari ini, Rudy-Purnomo melepas jabatan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo.

Pada peringatan HUT ke-276 ini, Pemkot Solo menggelar apel di halaman Balai Kota Solo. Rudy masih berkesempatan menjadi pembina apel untuk terakhir kalinya.

Tampak FX Rudy dan Purnomo mengenakan beskap. Begitu pula para peserta apel yang menggunakan pakaian khas Jawa.

Selepas apel, Rudy pun berpamitan dengan cara berkeliling dan melambaikan tangan di halaman Balai Kota Solo. Dia menyapa seluruh ASN dan warga di Balai Kota.

Tampak beberapa orang memanfaatkan momen itu untuk berswafoto dengan Rudy dan Purnomo. Beberapa ASN tak kuasa menahan air matanya.

Kemudian Rudy dan Purnomo masuk ke dalam bus yang sudah disiapkan. Mereka dikawal rombongan pejabat Pemkot Solo untuk pulang ke kediaman Purnomo di Panularan dan Rudy di Pucangsawit.

HUT ke-276 Kota Solo tahun ini menjadi momen berpamitan FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo dari jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Rabu (17/2/2021).HUT ke-276 Kota Solo tahun ini menjadi momen berpamitan FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo dari jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Rabu (17/2/2021). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

FX Hadi Rudyatmo menegaskan akan tetap mengabdi untuk masyarakat meskipun tidak menjabat sebagai wali kota. Rumahnya pun terbuka bagi masyarakat.

"Saya akan tetap berkiprah dalam membantu warga Solo," kata Rudy, Rabu (17/2/2021).

"Rumah saya selalu terbuka, nggak ada pagarnya kok," celotehnya.

Dalam mengawal pemerintahan, Rudy pun mengaku masih terus memantau. Apalagi dia masih menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Solo.

"Saya kan punya 30 kursi DPRD (anggota F-PDIP di DPRD Solo). Tentu kita kawal pemerintahan. Kalau ada yang tidak baik tetap akan kita kritisi," imbuhnya.

Sementara itu salah satu ASN Solo, Bambang Harjanto, merasa kehilangan sosok Rudy-Purnomo. Sebab menurutnya, mereka memimpin Kota Solo dengan hati.

"Beliau ini sosok yang sangat ramah, andhap asor (rendah hati), tidak membeda-bedakan," kata Bambang usai pelepasan wali kota.

(rih/mbr)