Selama 2 Bulan Ada 17 Ular Kobra-Sanca Menyusup ke Rumah Warga Sleman

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 14:15 WIB
Petugas Damkar Sleman menunjukkan ular yang diamankan dari rumah warga
Petugas Damkar Sleman menunjukkan ular yang diamankan dari rumah warga (Foto: dok. Damkar Sleman)
Sleman -

Selama Januari hingga Februari 2021, petugas pemadam kebakaran (Damkar) Sleman mengevakuasi belasan ular. Rata-rata ular yang diamankan menyusup masuk ke rumah warga.

"Sejak periode Januari hingga Februari kami sudah mengevakuasi sebanyak 17 kali artinya 17 ekor ular," kata Kasi Operasional dan Investigasi Kebakaran Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Sleman Suwandi kepada wartawan, Rabu (17/2/2021).

Suwandi mengatakan mayoritas ular yang diamankan itu menyusup ke rumah warga. Jenis ular juga beraneka macam, salah satunya kobra.

"Kebanyakan masuk ke rumah warga. Tapi ada yang masuk ada yang di pekarangan. Jenisnya macam-macam ada kobra, sawa kembang, sanca. Kebanyakan sawa, sawa bajing juga ada," jelasnya.

Dia menyebut hampir di 17 kapanewon di Sleman ditemukan ular. Namun, dalam 2 bulan terakhir paling banyak ditemui di Sleman wilayah timur.

"Hampir merata di 17 kapanewon. Laporan masuk minta dievakuasi. Rata-rata daerah timur seperti Kapanewon Mlati, Depok, Ngemplak, dan Kalasan. Kobra sekarang jarang," ucap Suwandi.

Sejauh ini, ular yang ditangkap dibawa ke kantor Damkar untuk selanjutnya diserahkan ke komunitas pecinta satwa. Beruntung hingga saat ini belum ada laporan korban gigitan ular.

"(Ular) Kita bawa ke kantor, ada yang ambil biasanya dari relawan pecinta satwa. Kebetulan belum ada tergigit. Warga kalau lihat langsung hubungi kami," sebutnya.

Dari belasan ular yang diamankan, paling besar ukurannya mencapai 3 meter. Yakni jenis ular sawa kembang.

"Dua hari ini (kami amankan) sawa kembang panjangnya 3 meteran itu di daerah Maguwoharjo. Sementara baru itu paling besar," pungkasnya.

Lihat juga Video: Warga Sigi Digegerkan dengan Kemunculan Ular Kobra

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)