1 dari 3 Korban Tertimbun Tanah Longsor di Kebumen Ditemukan Meninggal

Rinto Heksantoro - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 08:23 WIB
Evakuasi korban longsor di Kebumen, 10/2/2021
Evakuasi korban longsor di Kebumen. (Foto: Dok Basarnas Cilacap)
Kebumen -

Tiga warga Kebumen, Jateng, dilaporkan hilang karena tertimbun tanah longsor yang terjadi pada Selasa (9/2) malam. Setelah dilakukan pencarian oleh petugas, satu korban berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Diketahui, tiga korban yang tertimbun longsor atas nama Jemarun (48), Doniatun (46) dan Tarsinah (60) Warga RT 01/ RW 02 Dukuh Krajan, Desa Kalijering, Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen. Setelah dilaporkan hilang tertimbun tanah longsor, satu dari tiga korban berhasil ditemukan oleh petugas gabungan dalam keadaan meninggal dunia.

"Korban atas nama Tarsina ditemukan 100 meter dari rumah korban dalam keadaan meninggal dunia," kata Humas Basarnas Cilacap, Syaeful Anwar saat dihubungi detikcom, Rabu (10/2/2021) pagi.

Setelah dievakuasi, Shyaeful melanjutkan, korban kemudian dibawa ke balai desa setempat untuk diperiksa secara medis oleh petugas. Sementara pencarian kedua korban lain juga masih berlangsung.

"Korban kemudian dibawa ke balai desa Kalijering untuk diotopsi. Pencarian dilanjutkan untuk dua korban lainnya," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kebumen sejak Selasa (9/2) sore hingga malam menyebabkan banjir dan beberapa titik tanah longsor. Lima desa dilaporkan sempat terendam banjir dan kini sudah surut, namun tiga orang dilaporkan hilang karena tertimbun tanah longsor.

Lima titik tanah longsor terjadi di Desa Sidototo dan Kalijering Kecamatan Padureso. Empat rumah di Desa Sidototo dilaporkan rusak dan di Desa Kalijering juga terdapat empat rumah tertimbun longsor. Tak hanya itu, akses jalan Desa Kalijering juga tertutup tanah longsor sepanjang 100 meter.

(mbr/mbr)