Unnes Bakal Beri Gelar Kehormatan ke Nurdin Halid, Mahasiswa Protes

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 07:50 WIB
Ketua Korbid Pratama DPP Golkar Nurdin Halid.
Nurdin Halid. (Foto: dok detikcom)
Semarang -

Universitas Negeri Semarang (Unnes) bakal mengenugerahkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (HC) kepada Nurdin Halid. Protes pun dilayangkan mahasiswa terkait pemberian gelar kepada mantan terpidana korupsi itu.

Informasi upacara penganugerahan tersebut diunggah akun instagram @unnes_semarang yang menjelaskan acara digelar daring dan luring di Auditorium Unnes dengan protokol kesehatan pada hari Kamis (11/2) besok. Pada postingan itu kolom komentar dimatikan.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Unnes, Wahyu Suryono Pratama dengan lantang memprotes rencana itu. Ia mendesak penganugerahan gelar kehormatan kepada Nurdin Halid dibatalkan.

"Mendesak Rektor dan Senat Unnes untuk membatalkan penganugerahan gelar doktor honoris causa kepada saudara Nurdin Halid pada 11 Februari 2021 dan menghentikan semua proses untuk menyelenggarakan prosesi atas penganugerahan tersebut," kata Wahyu dalam siaran pers pernyataan sikap BEM-KM Unnes yang dikeluarkan Selasa, (9/2).

Ia menyoroti berbagai kasus hukum yang pernah menjerat Nurdin Halid dan kontroversi ketika menjabat sebagai Ketua Umum PSSI. Wahyu juga menyertakan beberapa sumber berita soal kasus Nurdin.

"Saudara Nurdin Halid memiliki rekam jejak yang tidak mencerminkan performa seseorang yang memiliki moral, etika, dan kepribadian, serta citra publik yang baik," tegasnya.

BEM-KM Unnes juga mendesak Rektor dan Senat UNNES agar menghentikan upaya mengobral gelar doktor kehormatan kepada para pejabat atau politisi. Ia rektor dan senat menjunjung tinggi marwah akademik dan menjauhkan segala tindakan yang memiliki tendensi politik sehingga kampus patut menjadi center of excellent, terutama dalam hal penegakan etika, moral, dan kepribadian yang baik.

"Demikian pernyataan sikap ini sebagai wujud tanggung jawab BEM-KM Unnes 2021 untuk turut menjaga marwah akademik," tandasnya.

Selanjutnya: pihak Unnes menjelaskan alasan pemberian gelar kehormatan tersebut

Selanjutnya
Halaman
1 2