Tak Ada Atraksi Barongsai Saat Imlek di Kelenteng Tertua Kota Tegal

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 20:06 WIB
Kelenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal bersiap menyambut Tahun Baru Imlek 2021
Kelenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Kota Tegal -

Komunitas masyarakat Tionghoa di Kota Tegal, Jawa Tengah, mulai menyiapkan perayaan Imlek di Kelenteng Tek Hay Kiong. Tahun Baru Imlek kali ini hanya diisi ritual sembahyang tanpa atraksi barongsai.

Kelenteng tertua di Kota Tegal ini mengawali perayaan Imlek dengan pembukaan pintu kelenteng dan memasang bendera lima warna.

"Hari ini Kelenteng Tek Hay Kiong Tegal mulai membuka pintu dan memasang bendera lima warna. Ritual ini sebagai tahap awal prosesi perayaan Imlek," ujar rohaniwan Tionghoa Kota Tegal, Chen Li Wei Dao Chang saat ditemui di sela persiapan Imlek di Kelenteng Tek Hay Kiong, Kota Tegal, Selasa (9/2/2021).

Chen Li Wei Dao Chang mengatakan Imlek tahun ini tidak dirayakan dengan meriah karena di masa pandemi COVID-19. Perayaan Tahun Baru Imlek kali ini hanya diisi dengan ritual sembahyang.

"Semua ritual sembahyang tetap kita laksanakan. Di masa pandemi ini, semua hiburan terkait perayaan Imlek seperti panggung gembira juga kirab, atraksi liong dan barongsai ditiadakan," tuturnya.

Chen Li Wei Dao Chang mengatakan warga Tionghoa di Kota Tegal maklum dengan kondisi pandemi Corona ini. Dia juga membatasi jumlah umat yang datang selama perayaan Imlek di Kelenteng Tek Hay Kiong agar tak menyalahi protokol kesehatan.

"Umat juga sudah mengerti kondisi seperti ini. Yang akan datang juga tidak banyak, karena kita batasi untuk menjaga protokol kesehatan dengan jaga jarak," terangnya.

Dalam ritual sembahyang nanti, umat Tionghoa akan memanjatkan doa pada Tuhan agar pandemi Corona segera berlalu sehingga diharapkan perekonomian masyarakat bisa kembali pulih.

"Kami akan memohon pada Tuhan dan para Dewa agar pandemi ini cepat berlalu. Kehidupan dan ekonomi masyarakat senoga kembali pulih," tutupnya.

Saksikan juga 'Kemenkes Imbau Masyarakat Rayakan Imlek dari Rumah':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/mbr)