Direndam Banjir, Jalur Selatan Pati-Kudus Lumpuh

Arif Syaefudin - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 18:08 WIB
Akses utama jalur selatan Pati-Kudus, ditutup karena banjir, Senin (8/2/2021).
Akses utama jalur selatan Pati-Kudus, ditutup karena banjir, Senin (8/2/2021). (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Pati -

Banjir yang merendam Desa Kasiyan Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah membuat jalur selatan penghubung Pati dan Kudus lumpuh. Sehingga pengguna jalan harus mengambil jalur memutar untuk menghindari banjir.

Sekretaris Camat Sukolilo Pati, Imam Sofyan, menyebut ketinggian air yang merendam jalan desa setempat sekitar 30 cm hingga 1 meter. Jika pengendara memaksa melintasi genangan tersebut justru akan berbahaya.

"Ketinggian air mulai 30 sampai 100 sentimeter. Hampir seluruh rumah warga terendam. Termasuk jalan akses desa ini ditutup, karena masih setinggi paha orang dewasa. Berbahaya kalau dipaksakan," kata Imam kepada detikcom saat ditemui di lokasi banjir, Senin (8/2/2021).

Kabag Ops Polres Pati, Kompol Sugino, menyebut polisi telah bersiaga di lokasi banjir setempat guna mengalihkan arus lalu lintas. Hal itu guna menghindari kepadatan yang berimbas pada kelumpuhan arus lalu lintas yang lebih parah.

"Banjir yang terjadi ini memutus akses antara Kudus dengan Pati yang lewat Kayen, atau jalur alternatif selatan. Otomatis sudah nggak bisa dilewati. Kalau warga Kudus mau ke sini, harus memutar sampai sekitar 20 kilometer ada," terang Sugino saat meninjau banjir di Sukolilo, Pati, hari ini.

Ia menyebut meski banjir terjadi di sebanyak 6 Kecamatan se-Kabupaten Pati, secara umum akses antarkecamatan masih tergolong lancar. Meski begitu, pihaknya juga menyediakan beberapa skenario pengalihan arus dilakukan agar pengguna jalan tak terjebak banjir.

"Secara umum lancar, antar-kecamatan juga lancar meskipun akan lebih padat karena ada pengalihan arus beberapa. Yang menonjol memang di sini, penghubung Kudus-Pati. Sehingga personel bersiaga disini," pungkasnya.

(sip/ams)