Hujan Deras di Yogya, Talut Sepanjang 20 Meter Ambrol

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 17:42 WIB
Talut permukiman warga Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta sepanjang 20 meter ambrol gegara diguyur hujan deras, Senin (8/2/2021)
Talut permukiman warga Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta sepanjang 20 meter ambrol gegara diguyur hujan deras (Foto: BPBD Kota Yogyakarta)
Yogyakarta -

Hujan deras yang mengguyur Kota Yogyakarta siang tadi berdampak pada ambrolnya talut permukiman warga Umbulharjo, Yogyakarta. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Nur Hidayat menjelaskan talut yang longsor itu berlokasi di Ponggalan, Karang Miri UH 7/320 RT 18/RW 06, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

"Kejadian talut permukiman longsor siang tadi, laporan masuk pukul 13.00 WIB. Disebabkan karena hujan dan tanah labil," kata Nur Hidayat kepada wartawan melalui pesan singkat, Senin (8/2/2021).

Nur menjelaskan panjang talut yang longsor mencapai kurang lebih 20 meter dengan tinggi 4 meter.

"Talut sepanjang kurang lebih 20 meter, tinggi 4 meter. Yang terdampak itu ada 1 rumah di dalamnya ada 2 KK dengan 11 jiwa. Nihil korban jiwa," ujar Nur.

Usai kejadian itu, TRC BPBD Kota Yogyakarta, Tagana, Polri dan TNI dibantu unsur masyarakat pun segera menyingkirkan longsoran tanah agar tidak mengganggu akses jalan.

"Saat ini semua sudah terkendali, sudah dibersihkan. Untuk kebutuhan mendesaknya kami salurkan terpal untuk menutup (longsoran)," pungkasnya.

(ams/sip)