ADVERTISEMENT

Kondisi Terkini Banjir Hitam-Berbau Busuk di Kudus Setelah Sepekan

Dian Utoro Aji - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 13:33 WIB
Banjir berwarna hitam dan berbau busuk di Kudus, Senin (8/2/2021).
Banjir di Kudus, Senin (8/2/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Genangan banjir berwarna hitam dan berbau busuk di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah sudah berlangsung hampir sepekan lamanya. Seperti apa kondisi terkininya?

Dari pantauan di lokasi, genangan banjir berwarna hitam dan berbau masih tampak di Dukuh Tanggulangin Desa Jati Wetan, pukul 12.30 WIB siang ini. Ketinggian air antara 80 cm sampai 1,5 meter.

Tampak aktivitas warga menggunakan perahu dari ban truk. Terlihat juga warga menggunakan perahu untuk aktivitas di permukiman yang tergenang banjir.

"Hari ini air tambah naik, kalau di rumah saya sampai 80 cm. Tapi yang rendah (permukiman) sampai ada yang 1,5 meter," kata Mukhlis ditemui detikcom di lokasi, Senin (8/2/2021).

Mukhlis mengatakan genangan banjir ini sudah terjadi sejak satu pekan lalu. Namun sekitar Selasa (2/2) lalu air mulai berwarna hitam dan berbau. Dia mengatakan karena air terus bertambah, sehingga warna hitam dan berbau mulai berkurang.

"Terendam Sabtu lalu, satu mingguan. Airnya hitam sekitar Selasa kemarin. Cuman ketambahan banyu (air) terus mulai luntur," ucapnya.

Mukhlis mengaku sudah mengalami gatal-gatal. Bahkan istrinya juga mengeluh kakinya gatal-gatal karena kondisi air banjir yang keruh berwarna hitam.

"Bau hitam, kakiku, sikil (kaki) istri saya gatal," ungkapnya.

"Harapannya pertama limbah dihilangkan pokoknya. Sampun (sudah) terjadi (tercemar) musim hujan berikutnya tidak ada limbah. Limbah susah, aktivitas lumpuh total," sambung dia.

Hal senada disampaikan warga Dukuh Tanggulangin lain Lia. Menurutnya air sudah tidak berwarna hitam dan berbau busuk. Menurutnya kondisi air berwarna hitam di Kudus sejak Selasa kemarin.

"Tidak terlalu (berwarna hitam dan berbau busuk). Kemarin hitam keruh banget. Airnya cenderung naik, sehingga warna hitam mulai berkurang," ujar dia.

Dari mana asal warna hitam dan bau busuk saat banjir di Kudus?



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT