Jalur Pantura Pekalongan Masih Banjir Siang Ini, Lalin Macet

ADVERTISEMENT

Jalur Pantura Pekalongan Masih Banjir Siang Ini, Lalin Macet

Robby Bernardi - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 13:02 WIB
Penampakan banjir di Jalur Pantura Kota Pekalongan, Senin (8/2/2021) pukul 11.45 WIB
Penampakan banjir di Jalur Pantura Kota Pekalongan, Senin (8/2/2021) pukul 11.45 WIB. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Kota Pekalongan -

Genangan banjir yang merendam Jalur Pantura Kota Pekalongan, Jawa Tengah belum juga surut. Arus lalu lintas dari Semarang ke Jakarta dan sebaliknya pun macet.

Pantauan di lokasi, Senin (8/2/2021), pukul 11.45 WIB, genangan air terlihat di Tirto yang menjadi perbatasan Kota Pekalongan dengan Kabupaten Pekalongan. Di ruas Pantura Kota Pekalongan ini genangan terlihat sepanjang 500 meter.

Ketinggian genangan banjir bervariasi dari 15 sentimeter hingga 50 sentimeter. Kendaraan yang melintas dari arah timur (Semarang-Jakarta) maupun sebaliknya padat merayap.

Beberapa pemotor tampak menuntun kendaraannya karena mogok. Sementara para pengemudi kendaraan roda empat memperlambat laju kendaraannya.

"Mogok karena banjir di situ tadi ternyata dalam, sampai selutut," kata salah seorang pemotor asal Pemalang, Sohari (27), saat ditemui di lokasi, Kota Pekalongan, Senin (8/2/2021).

Selain di Jalur Pantura Tirto Pekalongan, banjir juga terlihat di ruas Pantura di Jl KH Mas Mansyur. Di titik ini tinggi genangan air sekitar 15 sentimeter. Laju kendaraan yang melintas di titik ini juga melambat.

Terlihat sejumlah polisi berjaga dan mengatur lalu lintas di titik yang tergenang banjir. Kanit Dikyaksa Satlantas Polres Pekalongan Kota, Ipda Budi Winarso, mengatakan pihaknya mengurai penumpukan kendaraan yang terjadi akibat genangan air di jalur Pantura.

"Kami dari Satlantas Polres Pekalongan Kota, mengantisipasi kelancaran arus, karena memang ada genangan air yang ada (Desa) Pacar Tirto," katanya.

"Ini juga mengakibatkan arus tersendat. Namun kita juga upayakan agar kendaraan dari arah timur ke barat dan arah barat ke timur lancar," jelasnya.

Budi mengatakan jika dibandingkan dengan pagi tadi, genangan banjir di ruas Pantura Kota Pekalongan sudah berangsur surut. "Kalau dibandingkan dengan pagi tadi, ini sudah mengalami penyusutan," kata Budi.

Saksikan juga 'Banjir di Pekalongan Makin Tinggi, Nyaris 1.000 Orang Ngungsi':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT