Round-Up

Semarang Dikepung Banjir: Kota Lama Tergenang-Bandara Sempat Tutup

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 07 Feb 2021 10:00 WIB
Kondisi banjir di Kota Semarang, Sabtu (6/2/2021) malam.
Kondisi banjir di Kota Semarang, Sabtu (6/2/2021) malam. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Kota Semarang, Jawa Tengah semalam dikepung banjir. Kawasan permukiman hingga wisata seperti Kota Lama digenangi banjir, bahkan bandara Ahmad Yani Semarang sempat ditutup gara-gara runway tergenang.

Sejak Sabtu (6/2) pagi, laporan soal banjir terdengar di beberapa daerah seperti Pedurungan, Ngaliyan, Mangkang, Genuk, dan lainnya. BPBD Kota Semarang mencatat banjir terjadi di 76 Kelurahan, dan 10 kecamatan. Tim Basarnas bahkan sempat melakukan evakuasi warga di daerah Purianjasmoro.

Jalur utama Pantura Mangkang dan Terboyo pun sempat tergenang sehingga lalu lintas terganggu. Beberapa akses jalan perkotaan juga terdampak seperti di Jalan Soekarno-Hatta, beberapa titik terendam bahkan di bawah jembatan tol di sana tidak bisa dilewati kendaraan kecil hingga tadi malam.

Transportasi umum seperti pesawat dan kereta juga ikut terdampak. Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang terpaksa ditutup hingga Minggu (7/2) pagi ini karena runway tergenang air.

"Sampai dengan saat ini (kemarin) terdapat 21 penerbangan yang terdampak baik kedatangan maupun keberangkatan dengan rute penerbangan dari dan ke Jakarta, Pangkalan Bun, Banjarmasin, Surabaya, dan Makassar," kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/2/2021).

Pagi ini bandara Ahmad Yani Semarang sudah kembali, namun keberangkatan kereta api (KA) di Stasiun Tawang masih terganggu gara-gara banjir. Bahkan, ada dua rute yang dialihkan.

"KA yang dialihkan rutenya adalah KA-KA jarak jauh: KA Argo Bromo anggrek, KA Dharmawangsa dialihkan lewat jalur selatan mulai dari Stasiun Gambringan menuju solo. Sedangkan KA Maharani dari Surabaya mestinya tujuan Semarang, hanya berakhir di Stasiun Brumbung," kata Humas PT KAI Daop IV Semarang, Krisbiyantoro, Minggu (7/2).

"Pola operasi, penumpang dioper dengan menggunakan Bus. Sedangkan KA lokal Kaligung Semarang-Tegal semua berjalan normal," sambungnya.

Akibat banjir ini, seorang warga dilaporkan tewas tersetrum listrik di rumahnya. Lokasi rumah ini berada di daerah Bugangan, Kecamatan Semarang Timur.

"Meninggal dunia kesetrum listrik di rumah waktu tancapkan stok kontak karena di dalam banjir atas nama M Imron," kata Sekretaris BPBD Kota Semarang Winarsono kemarin.

Banjir di Kota Semarang langsung surut di hari yang sama, namun beberapa titik masih tergenang. Selain banjir, bencana longsor juga dilaporkan terjadi di Semarang. Akibat longsor ini seorang warga di Genuk Krajan, Jomblang, Tegalsari, Kecamatan Candi tewas tertimbun.

"Tebing longsor sekitar pukul 05.45 WIB yang meninggal dunia ibu Maemunah 63 tahun di Jalan Jomblang RT O3/RW I Kelurahan Jomblang Kecamatan Candi," ujar Winarso.


Selengkapnya soal banjir di Semarang, dari Wali Kota Hendrar Prihadi hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono...

Simak video 'Semarang Banjir, Kota Lama 'Little Netherland' Ikut Tergenang':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2