ADVERTISEMENT

Jelang Imlek, Rupang di Kelenteng Magelang Dibersihkan

Eko Susanto - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 16:01 WIB
Rupang-rupang di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio Kota Magelang dibersihkan jelang Tahun Baru Imlek, Jumat (5/2/2021).
Rupang-rupang di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio Kota Magelang dibersihkan jelang Tahun Baru Imlek, Jumat (5/2/2021). Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang -

Umat Tridharma membersihkan rupang-rupang di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Liong Hok Bio Kota Magelang, Jawa Tengah untuk menyambut Tahun Baru Imlek. Sebelum dibersihkan, para umat berdoa bersama agar pandemi COVID-19 ini segera berlalu.

"Ya (doa khusus). Selama ada COVID-19, tiap doa pasti kita singgung terus minta pada Yang Kuasa untuk supaya COVID-19 ini segera berlalu," kata Ketua Yayasan Tri Bhakti, Paul Candra Wesi Aji, kepada wartawan di TITD Liong Hok Bio Kota Magelang, Jumat (5/2/2021).

Kegiatan kerja bakti membersihkan rupang-rupang ini dilakukan langsung di altar dengan kuas. Paul mengatakan perayaan Imlek tahun ini digelar berbeda karena dirayakan di masa pandemi virus Corona.

"Untuk tahun ini (perayaan) memang ada perbedaan ya berhubung COVID-19, tetap menjalankan perintah dari pemerintah jangan sampai COVID-19 melebar. Jadi, kita menjaga, saling menjaga tidak seperti biasanya kita rayakan, tapi ritual tetap jalan semua, cuman hanya terbatas. Terbatas jumlahnya personel khususnya hanya panitia inti dan petugas-petugas," katanya.

Paul mengatakan untuk mendukung program pemerintah menekan penyebaran virus Corona (COVID-19) pihaknya juga meniadakan sejumlah perayaan yang mengundang kerumunan. Di antaranya atraksi barongsai hingga perayaan Cap Go Meh yang tahun ini ditiadakan.

"Nggak ada (Cap Go Meh), itu kan mengundang massa. Jadi, kita tiadakan masalah gituan. Pentas Barongsai nggak ada, cuman ritual-ritual," tuturnya.

Tahun Baru Imlek kali ini merupakan shio kerbau. Pihaknya berharap perekonomian dan keamanan tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

"Ini kerbau. Untuk tahun ini, saya kira tahun 2021 akan lebih baik dalam ekonomi, keamanan dan semuanya bisa lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Mudah-mudahan Indonesia bisa bangkit lagi, masyarakatnya bisa sejahtera lagi," harapnya.

Lihat Video: Melihat Persiapan Imlek Kelenteng Tertua di Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT