Listrik di Klaten Padam Gegara Jaringan Sutet Putus Tersambar Petir

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 18:22 WIB
Jaringan SUTET di Klaten putus tersambar petir, Jumat (29/1/2021).
Jaringan Sutet di Klaten putus tersambar petir, Jumat (29/1/2021). (Foto: Istimewa)
Klaten -

Listrik di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah padam hari ini. Kondisi ini disebabkan kawat penghantar jaringan saluran udara tegangan ekstra tinggi (Sutet) putus tersambar petir.

"Betul ada sebagian wilayah Klaten tadi padam. Tapi ini sudah bertahap mulai normal," jelas Manajer Jaringan PT PLN UP 3 Klaten, Agus Tri Yulianto, saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (29/1/2021).

Menurut Agus, padamnya pasokan itu akibat putusnya salah satu jaringan tegangan Sutet di daerah Batur, Desa Tegalrejo, Kecamatan Ceper. Jaringan putus akibat sambaran petir.

"Itu (kawat) jaringan tegangan Sutet 150 KV, lokasinya di daerah Batur. Menurut informasi dari relawan, putus karena ada sambaran petir sekitar pukul 13.00 WIB," jelas Agus.

Kejadian putusnya jaringan kabel Sutet itu juga viral di WhatsApp Group (WAG) disertai foto. Keterangan di postingan itu yakni sebagai berikut:
Selamat sore bapak2 dan ibu2, sebelumnya kami sampaikan permohonan maaf karena padamnya suply listrik di sebagian besar wilayah Klaten. Gangguan ini disebabkan Krn ada kawat penghantar putus di Pedan - Klaten. Kami terus berusaha agar pasokan listrik segera normal, kurang lebih sekitar 30 menit.

Agus mengatakan PLN terus berupaya untuk menormalkan suplai listrik di wilayah Klaten. Dia menyebut pasokan listrik saat ini sudah berangsur normal.

"Sementara disuplai dari gardu di Kabupaten Bantul. Saat ini bertahap sudah akan normal," papar Agus.

Kades Sengon, Kecamatan Prambanan, Agus Sumaryono, mengatakan listrik padam selama sekitar dua jam. Padam mulai sekitar pukul 13.00 WIB.

"Iya padam selama sekitar dua jam sejak sekitar pukul 13.00 WIB. Tidak tahu sebabnya apa," kata Agus saat dihubungi detikcom sore ini. Listrik di wilayahnya kemudian kembali menyala pada 15.47 WIB.

Camat Ceper, Supriyono, menambahkan belum mendapatkan laporan padamnya listrik di wilayahnya. Dia hanya mengetahui padamnya listrik di daerah Wedi.

"Belum ada laporan tapi saat saya pulang kantor jam 11.00 WIB masih menyala. Saya pulang sampai rumah di Kecamatan Wedi memang padam," jelas Supriyono saat dihubungi detikcom.

(sip/ams)