Bikin Geger! Monyet Liar di Banjarnegara Masuk Lapas dan Pertokoan

Uje Hartono - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 17:14 WIB
Monyet liar bikin geger masuk lapas hingga pertokoan di Banjarnegara, Rabu (27/1/2021).
Monyet liar bikin warga di kawasan pertokoan di Jalan Veteran, Banjarnegara ketakutan. (Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara -

Monyet liar yang berkeliaran di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah masih belum bisa ditangkap. Hari ini, seekor monyet masuk di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan pusat pertokoan di Banjarnegara.

Monyet ekor panjang ini terlihat di sela-sela papan nama pertokoan yang berada di Jalan Veteran, Banjarnegara. Saat hendak ditangkap oleh petugas Damkar Banjarnegara, monyet turun dan kembali lari ke arah pasar. Sontak warga sekitar berlarian dan teriak karena takut.

Salah seorang warga, Heri, mengatakan monyet datang dari arah selatan. Kemudian monyet itu berhenti di antara papan nama toko. Namun, karena warga takut, akhirnya mereka melapor ke petugas Damkar Banjarnegara.

"Tadi datang dari arah selatan terus di atas. Karena pada takut terus melapor ke Damkar," terang Heri kepada wartawan di lokasi kejadian, Rabu (27/1/2021).

Sayangnya, saat hendak ditangkap oleh petugas Damkar, monyet tersebut turun menyeberangi jalan. Kemudian naik ke pohon dan hilang.

"Tadi sempat pada lari karena takut pas turun. Sekarang monyetnya lari ke arah timur, mungkin itu ke arah Pasar Induk Banjarnegara," kata dia.

Sebelumnya, monyet ini juga sempat masuk ke Lapas Banjarnegara. Bahkan, monyet tersebut sempat masuk ke salah satu ruangan di lantai 2 kantor Lapas Banjarnegara.

"Tadi tahu-tahu sudah ada di lantai atas. Malahan sempat masuk ruangan. Tetapi tidak sempat ngacak-ngacak. Dari sini terus keluar lagi ke arah timur belakang bank," terang salah seorang petugas Lapas Banjarnegara, Tegar.

Hingga saat ini, petugas Damkar Banjarnegara masih terus memburu kawanan monyet liar tersebut. Selain menyiapkan bius, petugas juga sudah menyiapkan perangkap.

"Kami sudah bekerjasama dengan Kebun Binatang Serulingmas untuk membius monyet itu. Kami juga sudah menyiapkan jebakan. Tetapi masih belum bisa ditangkap," jelasnya.

(sip/ams)