Round-Up

Sandiwara Otak Perampokan Setengah Miliar, Berlagak Kejar Pelaku

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 08:16 WIB
Polisi menggelar prarekonstruksi perampokan setengah miliar rupiah di Kota Semarang. Para tersangka pun dihadirkan dalam proses prarekonstruksi tersebut.
Prarekonstruksi Perampokan Rp 561 juta di Semarang. (Foto: Angling AP/Detikcom)
Semarang -

Perampokan uang sebesar Rp 563 juta di Kota Semarang sudah direncanakan matang. Bahkan otak dari komplotan tersebut bersandiwara mengejar pelaku ketika peristiwa terjadi.

Hal itu diketahui ketika prakekonstruksi dilakukan di lokasi kejadian, Jalan Krakatau VIII Semarang. Para pelaku datang yaitu Susanto (39) warga Gayamsari Semarang, Rahmat (39), Frans Panjaitan (36), dan Maftuhi (25) warga Bumijaya, Lampung Tengah. Kemudian Vidi Kondian (30) warga Mekar Jaya, Lampung Tengah dan Moch Agus Irawan (38) warga Bandarjo, Ungaran, Kabupaten Semarang.

Ada 30 adegan yang dilakoni para tersangka dan saksi di lokasi. Pertama yaitu kedatangan 4 pelaku, Rahmat, Frans, Maftuhi, dan Vidi menggunakan dua motor dan sembunyi di balik tanaman tidak jauh dari lokasi.

Kemudian saksi atau korban, Teguh datang dengan mobil dan parkir di depan kantornya yang bergerak di bidang migas. Teguh baru pulang mengambil uang perusahaan.

Saat turun dari mobil, komplotan itu mulai menghampiri dan salah satu pelaku, Frans turun dari motor lalu merebut tas yang dibawa Teguh sambil menodongkan senjata api. Frans mengaku sempat kaget ketika Teguh menggertak kalau dia juga punya senjata.

"Saya sempat takut karena dia (Teguh) bilang juga punya senjata," kata Frans saat memperagakan adegan mengambil tas, Senin (25/1/2021).

Setelah berhasil mengambil satu tas, mereka langsung kembali ke motor dan kabur. Ketika itu beberapa orang yang melihat keributan mulai berkumpul cepat sehingga tidak jauh dari lokasi, Frans melepas tembakan.

"Saya tembak ke atas sekali, pas mulai banyak orang. Di pertigaan itu," ujar Frans kepada polisi.

Simak video 'Polisi Sita 3 Senpi dari Perampok Duit Setengah Miliar di Semarang':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2