Kapal Tongkang Terdampar-Tabrak Warung di Pantai Pulau Kodok Tegal

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 16:04 WIB
Kapal tongkang tabrak bangunan warung di Pantai Pulau Kodok, Tegal, Selasa (19/1/2021).
Kapal tongkang tabrak warung di Pantai Pulau Kodok, Tegal. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Kota Tegal -

Kapal tongkang terdampar di pantai kawasan wisata Pantai Pulau Kodok Kota Tegal, Jawa Tengah kemarin siang. Satu unit bangunan warung rusak akibat tertabrak kapal tongkang ini.

"Setelah hujan pada Senin kemarin, angin menjadi kencang dan muncul gelombang tinggi. Kapal tongkang yang berada di jarak beberapa mil menepi terbawa angin dan ombak ke Pantai Pulau Kodok," ujar Pengurus Pokdarwis Pulau Kodok Budiyono kepada wartawan, Selasa (19/1/2021).

Budiyono menyebut cuaca di lokasi sesaat sebelum kejadian hujan deras. Setelah hujan berhenti, tiba-tiba angin bertiup cukup kencang serta gelombang laut menjadi tinggi. Saat itulah kapal tongkang itu kemudian menepi dan menabrak warung di pinggir pantai.

"Diduga karena jangkar lepas sehingga kapal terbawa angin dan terdampar di pulo kodok. Kapal ini menabrak sebuah warung yang berada di dekat pantai," sambung dia.

Kapal tongkang tabrak bangunan warung di Pantai Pulau Kodok, Tegal, Selasa (19/1/2021).Kapal tongkang tabrak bangunan warung di Pantai Pulau Kodok, Tegal, Selasa (19/1/2021). (Foto: Imam Suripto/detikcom)

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sedangkan kapal tongkang tersebut hingga saat ini masih berada di lokasi kejadian.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriono yang datang ke lokasi kejadian bersama Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi berjanji akan membangun penahan ombak di lokasi tersebut.

Kapal tongkang tabrak bangunan warung di Pantai Pulau Kodok, Tegal, Selasa (19/1/2021).Kapal tongkang tabrak bangunan warung di Pantai Pulau Kodok, Tegal, Selasa (19/1/2021). (Foto: Imam Suripto/detikcom)

"Memang ini perlu bangunan penahan gelombang. Fungsinya menahan bila ada kejadian seperti ini kemudian melindungi warga bila terjadi ombak besar. Kita akan evaluasi soal ini terkait perlunya membangun penahan ombak," Dedy.

Tonton juga 'Cuaca Ekstrem, Tongkang Tabrak Rumah Pelantar di Batam':

[Gambas:Video 20detik]

(sip/mbr)