Round-Up

Relief Sarinah Diyakini Karya Edhi Soenarso, 'Dihilangkan' Terkait Politik

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 08:26 WIB
Solo -

Pemugaran gedung Sarinah, Jakarta menguak fakta temuan relief yang hilang. Pematung asal Yogyakarta, Edhi Soenarso diyakini sebagai pembuat relief tersebut.

Empu seni rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Bonyong Munni Ardhi mengaku telah lama mendengar adanya relief karya Edhi Soenarso di Sarinah. Dia tak heran belakangan ditemukan relief tersebut.

"Setelah beliau meninggal sekitar empat tahun lalu, saya sudah dengar soal karya beliau di Sarinah itu, makanya kemarin baru ramai itu saya nggak heran. Tapi itu bukan hanya Pak Edhi, itu kelompoknya," kata Bonyong saat dihubungi detikcom, Senin (18/1).

Bonyong sendiri pernah menjadi mahasiswa Edhi sewaktu di Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) Yogyakarta. Hubungannya dengan Edhi semakin akrab dan sering diajak ikut ke pameran, meskipun Bonyong menggeluti bidang seni lukis.

Hilang diduga masalah politik

Terkait relief Sarinah yang 'hilang', Bonyong memperkirakan ada unsur politik yang melatarbelakangi. Sebab Edhi adalah sosok yang dekat dengan Presiden Soekarno.

"Salah satu kemungkinan itu karena berganti rezim, politik berubah. Pak Edhi itu Sukarnois, jadi kemungkinan masalah politis," katanya.

Menurutnya, Edhi banyak menggarap pekerjaan dari Sukarno. Antara lain Patung Selamat Datang di Bundaran HI, Patung Dirgantara atau Tugu Pancoran, dan Patung Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng, Jakarta.

Selanjutnya: keluarga Edhi Sunarso menanggapi

Selanjutnya
Halaman
1 2