Empu ISI Solo Yakin Relief di Gedung Sarinah Karya Edhi Soenarso

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 17:33 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau lokasi penemuan relief di gedung Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Relief tersebut akan direstorasi dan dipamerkan kepada publik saat pemugaran gedung Sarinah rampung. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau lokasi penemuan relief di gedung Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1/2021). (Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)
Solo -

Temuan relief di gedung Sarinah, Jakarta, menimbulkan pertanyaan siapa sosok pembuatnya. Empu seni rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Bonyong Munni Ardhi, meyakini relief tersebut adalah karya almarhum Edhi Soenarso.

Edhi Soenarso merupakan sosok di balik sejumlah karya monumental era Presiden Sukarno. Antara lain Patung Selamat Datang di Bundaran HI, Patung Dirgantara atau Tugu Pancoran, dan Patung Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng, Jakarta.

Bonyong menceritakan dirinya pernah menjadi mahasiswa Edhi sewaktu di Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) Yogyakarta. Hubungannya dengan Edhi semakin akrab dan sering diajak ikut ke pameran, meskipun Bonyong menggeluti bidang seni lukis.

"Setelah beliau meninggal sekitar empat tahun lalu, saya sudah dengar soal karya beliau di Sarinah itu, makanya kemarin baru ramai itu saya nggak heran. Tapi itu bukan hanya Pak Edhi, itu kelompoknya," kata Bonyong saat dihubungi detikcom, Senin (18/1/2021).

Bonyong mengatakan zaman kuliah dahulu memang Edhi sering menggarap proyek besar. Edhi selalu mengajak mahasiswa patung terbaik untuk turut serta.

"Pak Edhi nggak pernah pulang. Mahasiswanya sampai nggak pernah ikut ujian, tapi beliau selalu menanggung biaya kuliah mahasiswanya," ujar dia.

Menurutnya, Edhi sebetulnya sering membuat karya-karya abstrak untuk nonkomersial. Namun banyak karya realis yang dia buat dan menjadi ikon-ikon di sejumlah tempat.

"Beliau merupakan tokoh realis. Banyak orang belajar realis ke beliau," katanya.

Selanjutnya, Bonyong menduga 'hilangnya' relief Sarinah terkait dengan unsur politik...

Selanjutnya
Halaman
1 2