Waspada Lur! Orderan Fiktif-Minta Pulsa Incar Pedagang di Pemalang

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 13 Jan 2021 18:20 WIB
Pedagang di Pemalang jadi korban orderan fiktif dan minta pulsa dari oknum yang mengaku nakes
Pedagang di Pemalang jadi korban orderan fiktif dan minta pulsa dari oknum yang mengaku nakes (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

Tak hanya itu, cerita soal orderan fiktif itu juga dialami pedagang lainnya. Dia mendengar cerita orderan fiktif dari kecamatan lainnya dengan modus mengaku sebagai nakes.

"Kalau pedagang yang tertipu, banyak di sini (Randudongkal), bahkan ada juga wilayah Kecamatan Moga dan Pemalang. Pelakunya sama namanya, mengaku karyawan rumah sakit Moga atau karyawan Rumah Sakit Azhari Pemalang," ujarnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Randudongkal dr Mustofa membenarkan peristiwa tersebut. Pihaknya beberapa kali menerima pesanan makanan dari oknum yang mengaku nakes Randudongkal.

"Beberapa kali. Yang satu mengantar mi ayam dan mentransfer pulsa, ada juga pedagang yang justru mengkonfirmasi pesanan," kata Mustofa.

Mustofa menegaskan tidak ada petugasnya yang bernama Zaenatul Faniza. Dia pun menduga oknum nakes itu juga asal mencomot foto nakes.

"Jadi, pelakunya ini, mengambil foto entah dari mana, seakan-akan dia petugas kesehatan. Terus meminta pesanan pada para pedagang, dan meminta pulsa Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. Mengaku pegawai Puskesmas sini," kata Mustofa.

"Atas nama fiktif, fotonya pun saya kira mengambil di sosmed, saya sendiri juga tidak kenal. Dan saya yakin, pelakunya bukan yang ada di foto itu," sambungnya.

Sementara itu, Kapolsek Randudongkal, AKP Trino, mengaku belum menerima laporan dari para korban. Pihaknya pun mengimbau para pedagang agar waspada dengan orderan fiktif apalagi disertai dengan permintaan pulsa dari orang yang tidak dikenal.

"Belum menerima laporan dari korbannya. Masih kita pantau," kata Trino singkat.

Halaman

(ams/ams)