Sempat Terdampak Jembatan Putus, Perjalanan KA Lewati Brebes Kembali Lancar

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 12:49 WIB
Uji coba jembatan baru di Sungai Glagah, Desa Tonjong, Brebes, Selasa (12/1/2021)
Uji coba jembatan baru perlintasan kereta api di Kabupaten Brebes. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Perjalanan kereta api yang semula terhenti akibat putusnya jembatan di atas Sungai Glagah, Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah kini sudah kembali lancar. Semua kereta saat ini dialihkan untuk melintas menggunakan jembatan baru yang berada di samping jembatan lama.

Ada dua jembatan kereta api yang melintas di Sungai Glagah tersebut. Meski satu jembatan putus karena tergerus banjir, jembatan lainnya masih bisa dilewati kereta. Perjalanan kereta api pun kembali lancar.

"Setelah uji coba, akhirnya jembatan baru ini bisa dipakai. Kereta api sudah boleh lewat. Barusan tadi jam 10.00 WIB, kereta api Bengawan jurusan Jakarta Solo sudah melintas jembatan ini," kata Kepala Dinas Perhubungan Brebes, Johari, saat ditemui wartawan di lokasi, Selasa (12/1/2021).

Meski hanya ada satu jembatan, Johari memastikan perjalanan kereta akan kembali normal. Tidak ada lagi keterlambatan jadwal kereta atau pembatalan keberangkatan.

"Setelah ini akan kembali normal meski pakai satu jembatan," imbuhnya.

Johari menambahkan jembatan baru ini dalam kondisi laik dan bagus meski sempat diterjang bandang Senin (11/1) malam. Dia menyebut jembatan ini tergolong baru karena dibangun saat dilakukan proyek rel ganda beberapa tahun lalu.

"Jembatan baru ini masih kokoh pasca-banjir. Kondisinya masih layak dan bisa dilewati kereta. Sebelumnya juga sudah uji coba," ucap Johari.

Sebelumnya diberitakan, perjalanan sejumlah kereta terdampak akibat jembatan KA di Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong, Brebes putus. Akibatnya, beberapa perjalanan kereta harus memutar melalui Kroya-Bandung-Cikampek, dan ada juga perjalanan yang dibatalkan.

Lihat video 'Hancurnya Jembatan Kereta Api di Brebes':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)