Cerita Yuda, Pemuda Berwajah Penuh Tato Ingin Hijrah dan Berdakwah

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 10 Jan 2021 11:16 WIB
Ahmad Nur Kusuma Yuda (21) pemuda berwajah penuh tato memutuskan hijrah dan kini ingin berdakwah. Yuda ditemui di  Masjid Jami Al-Istiqomah di Jalan Kusuma Wardani, Pleburan, Kota Semarang, Sabtu (9/1/2021).
Ahmad Nur Kusuma Yuda (21) pemuda bertato di wajah dan sekujur tubuhnya ini memutuskan hijrah dan ingin berdakwah (Foto: Angling/detikcom)
Semarang - Sosok Ahmad Nur Kusuma Yuda (21) sering mencuri perhatian karena memiliki wajah penuh tato dan sekujur tubuhnya. Pemuda itu kini memutuskan hijrah dan ingin berdakwah hingga ke ujung timur Indonesia.

Kisah Yuda viral usai diunggah akun TikTok @terdalam. Saat ditelusuri detikcom, Yuda kini sehari-hari tinggal dan membantu di Masjid Jami Al-Istiqomah di Jalan Kusuma Wardani, Pleburan, Kota Semarang.

"Saya tinggal di sini sekarang, bantu-bantu bersih-bersih, azan, memang harus adaptasi, alhamdulilah di sini menerima saya," kata Yuda saat ditemui di Masjid Jami Al-Istiqomah, Semarang, Sabtu (10/1/2021).

Meski tampak garang karena wajah dan tubuhnya dipenuhi Tato, tutur kata Yuda justru terdengar lembut. Yuda mengawali kisahnya dengan bercerita tentang masa kecilnya yang dekat dengan kehidupan pesantren. Dia mengaku sudah menjadi santri sejak Taman Kanak-kanak.

"Pernah pesantren di Klaten, kemudian gempa di sana, pindah ke Tangerang, kemudian di Bogor 6 tahun, lulus SD pindah ke pesantren dakwah di Salatiga," ujarnya.

Saat di Salatiga ini jiwa remajanya mulai bergejolak dan dia memutuskan kabur dari pesantren. Kala itu, ayahnya sempat mengembalikan Yuda ke pesantren di Salatiga itu, namun karena tidak kuat dia memutuskan untuk memilih hidup di jalanan.

"Kabur ke jalan ikut ngamen kemudian rantau ke Jakarta, sampai ke Papua juga. Bisa sampai ke Papua itu kan kerja di kapal. Jadi ke Papua dua kali, yang kedua itu main ke sana karena sudah tahu caranya," cerita Yuda.

Tato pertamanya, kata Yuda, dimiliki sejak dia lulus SD. Tato itu berupa gambar tetesan air mata di dekat mata kanan dan kirinya.

"Tato di muka penuh ini maksudnya bio mekanik. Yang air mata ini pas lulus SD, katanya biar nggak sering nangis," ujarnya.

Sejak saat itu, Yuda mulai memenuhi tubuhnya dengan seni rajah tubuh itu. Tato berikutnya ada karakter Joker hingga Bunda Maria.

"Saya suka gambarnya. Yang Bunda Maria ini tato di Bali, di belakang ini ada tato Dajjal," ucapnya.

Selanjutnya cerita Yuda soal panggilan hijrah dan niatnya berdakwah...

Selanjutnya
Halaman
1 2