Ini Dia N, Pria Pemilik Nama Terpendek yang Pernah Dapat Rekor MURI

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 10 Jan 2021 08:34 WIB
N asal Jepara
N pria asal Jepara, pemilik nama terpendek yang pernah dapat rekor MURI (Foto: Istimewa)
Semarang -

Seorang pria asal Jepara mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) gara-gara memiliki nama terpendek. Pria bernama lengkap N (28) itu kini bekerja sebagai tenaga kesehatan (nakes) di Semarang. Seperti apa sosoknya?

Sosok N ramai dibahas sejak mendapat rekor MURI. Jika N memiliki satu nama berdasarkan abjad, adiknya juga tak kalah punya nama unik, yakni '.' (titik).

"Arti nama tidak ada yang tahu, hanya Allah yang tahu," kata N lewat pesan singkat, Kamis (7/1/2021).

N merupakan anak pasangan Ali Mas'ud dan Kismawati, warga Dukuh Sidang RT 39 RW 08 Desa Sinanggul Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Memiliki nama sangat pendek, N mengaku tak pernah terpikir untuk ganti nama.

"Banyak dikenal di suatu instansi. Tidak pernah kepikiran ganti nama," ujarnya.

Hingga saat ini, semua kartu identitasnya pun tercantum nama N. Hanya saja diakuinya memiliki nama singkat membuatnya kerepotan saat akan membuat rekening di bank.

Sebab, pemilik akun wajib memiliki nama belakang. Untungnya kendala itu terpecahkan tanpa N harus mengganti nama, yakni dengan membubuhkan nama ayahnya.

"Kendala mungkin saat pembuatan rekening, harus pakai nama ayah, karena ada last name," jelasnya.

N pernah mendapat rekor MURI dengan nama terpendek pada 2000 lalu. Saat itu ada wartawan yang wawancara dan kemudian diusulkan ke MURI.

"Kayaknya dulu ada salah satu wartawan yang tahu kalau nama terpendek, jadi diajukan ke MURI," ujar pria kelahiran 4 September 1992 itu.

Tonton juga 'Unik Nama Kakek Dusun Karangasem Benjeng Gresik':

[Gambas:Video 20detik]

(alg/ams)