FX Rudy ke ASN Solo: WFH Bukan Liburan tapi Kerja di Rumah

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 19:26 WIB
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Aparatur sipil negara (ASN) di Solo bakal bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sesuai kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo memastikan ASN yang keluyuran saat WFH berlangsung bakal disanksi.

"Ketika WFH ada yang keluyuran, jatuhkan sanksi. Sanksinya nanti diatur Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), karena WFH bukan liburan tapi bekerja di rumah," kata Rudy saat ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (7/1/2021).

Merujuk aturan PPKM, 75 persen ASN bakal WFH, sedangkan 25 persen sisanya bekerja di kantor. ASN yang bekerja di kantor meliputi petugas pelayanan umum, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil).

"Dinas Kesehatan 100 persen masuk. Pelayanan masyarakat tetap masuk. Jadi nanti tetap bisa melayani masyarakat tapi dengan protokol kesehatan ketat," jelas Rudy.

Pemkot Solo saat awal pandemi COVID-19 tahun lalu sempat memberlakukan WFH. Namun pada Juni 2020, Pemkot Solo mencabut kebijakan tersebut karena dirasa kurang efektif.

"Karena telah diputuskan, kita akan tetap mengikuti perintah Presiden, Mendagri, dan hasil press release dari Menko Perekonomian," katanya.

Selain ASN, Pemkot Solo juga menerapkan pembatasan kegiatan masyarakat sesuai petunjuk pemerintah pusat. Antara lain mal tutup pukul 19.00 WIB dan kapasitas pengunjung restoran maksimal 25 persen.

"Jadi nanti kalau warung hik (angkringan) didatangi Satpol PP jangan marah. Kita menjalankan perintah Presiden. Seluruh kegiatan dibatasi kecuali untuk penanganan COVID-19," imbuhnya.

(ams/rih)