Hii... 4 Anak-2 Induk Ular Kobra Ditemukan di Gorong-gorong Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 02 Jan 2021 21:40 WIB
Enam ekor ular kobra ditangkap di gorong-gorong Jalan Raya Cawas-Pedan, Dusun Jembangan, Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas, Klaten, Sabtu (2/1/2021).
Enam ekor ular kobra ditangkap di gorong-gorong Jalan Raya Cawas-Pedan, Dusun Jembangan, Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas, Klaten, Sabtu (2/1/2021). Foto: Istimewa
Klaten -

Enam ekor ular kobra ditangkap di gorong-gorong Jalan Raya Cawas-Pedan, Dusun Jembangan, Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dua ekor di antaranya induk kobra dan empat ekor anak.

"Hari ini yang tertangkap yang besar dua ekor dan yang kecil ada empat ekor. Semua dibawa tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Klaten dan sisanya masih dicari," kata istri pemilik bengkel motor dekat lokasi penemuan, Puji Lestari, saat dihubungi detikcom, Sabtu (2/1/2021).

"Tidak ditemukan di rumah atau rumah kosong tapi di gorong-gorong selatan rumah," sambung Puji.

Puji mengaku dia yang melapor ke petugas dan relawan minta bantuan untuk menangkap ular kobra tersebut. Puji menceritakan saat awal musim hujan lalu dia sempat melihat ular yang berukuran besar di sekitar lokasi. Kemudian sekitar sepekan ini dia melihat ular ukuran kecil masuk ke rumah.

"Awalnya kemarin-kemarin terlihat yang gede. Dan akhir- akhir ini sekitar seminggu yang kecil sudah masuk rumah," tutur Puji.

"Sebab saya khawatir jam 11.00 WIB tadi siang saya hubungi relawan RCTD," lanjut Puji.

Relawan kemudian melakukan pencarian di rumah, bengkel dan gorong-gorong. Hasilnya ditemukan empat ekor anakan kobra. Selanjutnya usai magrib tadi ditemukan lagi dua ekor indukan.

"Yang besar ditemukan dua ekor habis magrib tadi. Sering kali nongol sekitar jam 11.00 WIB siang," ujar Puji.

Sementara itu, penasihat relawan Reaksi Cepat Tanggap Darurat (RCTD), Eko Santosa, mengungkapkan pencarian ular kobra tersebut dilakukan mulai pukul 12.00 WIB tadi.

"Mulai pencarian jam 12.00 WIB-16.00 WIB ketemu anakan kobra empat ekor. Terus sekitar magrib ketemu indukan dua ekor dan diperkirakan masih dua indukan lagi belum ketemu," kata Eko saat dihubungi detikcom.

Terpisah, Animal Rescue Pemadam Kebakaran Satpol PP Pemkab Klaten, Edy Setiawan, mengatakan pihaknya langsung menuju lokasi setelah mendapat laporan. Lokasi pencarian berada di dekat bengkel milik Puji.

"Tim ini masih penanganan," kata Edy melalui pesan singkat kepada detikcom.

(rih/rih)