Rapid Test Antigen di Stasiun Tawang Semarang, Ada Penumpang yang Positif

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 22 Des 2020 21:38 WIB
Suasana Stasiun Tawang Semarang pasca diberlakukan syarat rapid test antigen, Semarang, Selasa (22/12/2020).
Suasana Stasiun Tawang Semarang pasca diberlakukan syarat rapid test antigen, Semarang, Selasa (22/12/2020). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang -

Hari pertama pemberlakuan syarat rapid test antigen untuk penumpang kereta jarak jauh, ada 264 penumpang yang melakukan tes di Stasiun Tawang, Semarang. Dari jumlah itu, ada satu penumpang yang hasilnya positif.

Humas PT KAI Daop IV Semarang, Krisbiyantoro, membenarkan informasi tersebut. Penumpang dengan hasil positif itu langsung diarahkan ke rumah sakit untuk melakukan swab, sedangkan untuk tiketnya bisa di-refund penuh.

"Hari ini tes 264 penumpang, 1 positif. Tiket dikembalikan 100 persen. Yang bersangkutan juga bersedia untuk di-swab di rumah sakit," kata Krisbiyantoro saat dihubungi detikcom, Selasa (22/12/2020).

Ia menjelaskan jika diketahui ada yang hasilnya positif saat rapid test antigen maka pihaknya akan menghubungi Dinas Kesehatan atau Puskesmas terdekat. Bila diperlukan ambulans milik PT KAI juga akan dikerahkan untuk mengantar.

"Jika ada yang positif kita berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan tiket dikembalikan penuh," ujarnya.

Untuk diketahui, di hari pertama penerapan syarat rapid test antigen untuk perjalanan jauh, suasana di lokasi tes di Stasiun Tawang Semarang terlihat cukup ramai. Pihak PT KAI bahkan harus membatasi sementara antrean.

"Jadi pertama tadi (kartu) antrean keluarkan 220. Kemudian setelah ada yang selesai baru dikeluarkan lagi," ujar Krisbiyantoro.

(alg/rih)