Viral Video Emak-emak Lihai Banget Gondol Emas Belasan Juta di Pekalongan

Robby Bernardi - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 14:19 WIB
Viral video perempuan curi perhiasan emas hingga belasan juta di Kota Pekalongan, Jumat (18/12/2020).
Viral video perempuan curi perhiasan hingga belasan juta Rupiah di Pekalongan .(Foto: Tangkapan layar video viral di medsos)
Kota Pekalongan -

Sebuah video pencurian di toko emas di Kota Pekalongan, Jawa Tengah viral di media sosial. Dalam video tersebut tampak seorang perempuan berkerudung tertangkap kamera CCTV pura-pura akan membeli tapi akhirnya mencuri perhiasan emas senilai belasan juta Rupiah.

Dalam video berdurasi 1 menit dan 32 detik itu, salah satu diunggah oleh akun Instagram @pekalonganinfo. Dalam rekaman itu, tampak emak-emak yang berkerudung warna krem berbaju ungu dan bermasker mengambil perhiasan emas di salah satu toko emas di Kota Pekalongan. Modusnya, pelaku berpura-pura memilih perhiasan emas yang akan dibelinya. Selama enam jam, video itu sudah ditonton lebih dari 47 ribu kali.

Emak-emak dalam video itu terlihat memilih perhiasan dan dilayani oleh seorang karyawan toko emas. Beberapa kali, pelaku menunjuk perhiasan emas yang dinginkan. Beberapa kali pula, pelayan mengambil emas yang ditunjuk pelaku melalui etalase.

Saat pelayan lengah, perempuan itu tampak mengambil perhiasan di balik etalase. Perempuan itu tampak dengan lincahnya mengambil perhiasan dengan tangan kirinya. Perhiasan itu kemudian dimasukkan di balik kerudung sebelah kirinya. Hal ini nampak dalam rekaman CCTV di detik ke-54. Usai menyembunyikan emas, pelaku kemudian menghimpitkan tubuhnya ke etalase, agar perhiasan yang diambilnya tidak jatuh.

Perempuan itu kemudian mengalihkan perhatian petugas toko emas dengan kembali meminta pelayan untuk mengambilkan perhiasan lain.

Di menit 01:20 inilah, perempuan itu langsung dengan cepat dan lincahnya, menaruh emas curiannya dari kerudung ke dompet. Sambil membuka dompet untuk memasukkan perhiasan curian, perempuan itu juga mengambil beberapa lembar uang Rp 50 ribuan agar aksinya tak dicurigai.

Sembari menata posisi emas yang dicurinya di dalam dompet, di menit ke 01:31, pelaku kemudian mundur dari etalase untuk duduk di bangku di belakangnya. Saat itulah perempuan itu mengambil tumpukan uang pecahan Rp 50 ribuan yang telah dikeluarkan tadi untuk ditata kembali di dalam dompet.

Dalam postingan itu ditulis keterangan, "Pencurian Emas Senilai 19 Juta Di Pekalongan : Seorang wanita terekam kamera cctv mencuri perhiasan emas 25 gram senilai 19 Juta rupiah di Toko mas gajah Pekalongan baru-baru ini.
Apabila ada yang mengenali pelaku mohon bisa dm ke @pekalonganinfo".

Kapolsek Pekalongan Timur, Kompol Djunaidi menjelaskan kejadian yang terekam kamera CCTV itu terjadi tiga hari yang lalu, tepatnya Selasa (15/12).

"Iya, kejadiannya tiga hari yang lalu dan baru diketahui kemarin (Kamis 17/12)," kata Djunaidi, saat dihubungi detikcom, Jumat (18/12/2020).

Pemilik toko emas akhirnya lapor ke polisi kemarin...

Selanjutnya
Halaman
1 2