ADVERTISEMENT

Vaksin COVID-19 Gratis, Ganjar Siapkan Sistem Antreannya di Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 17:26 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menilai gratisnya vaksin COVID-19 merupakan bentuk respons dari pemerintah atas keinginan masyarakat. Dia juga kini menyiapkan sistem antrean di Jateng.

"Pak Jokowi sudah merespons apa yang menjadi keinginan masyarakat. Ketika orang bimbang apakah vaksin bayar atau tidak, Presiden menjawab itu dengan menggratiskan. Bahkan, Pak Jokowi juga menjawab keraguan atas vaksin, dengan menjadi orang pertama yang disuntik," kata Ganjar di rumah dinasnya, Kamis (17/12/2020).

Setelah ini maka perlu langkah antisipasi terjadinya jual beli terhadap vaksin gratis itu. Ganjar pun memulai di daerahnya dengan pendataan prioritas dan juga sistem antrean.

"Termasuk menyiapkan sistem antreannya, agar semua berjalan baik. Dengan data yang baik, prioritasnya ada dan kalau bisa mendekati sampai kepada Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari masing-masing penerima, maka itu bisa diberikan dengan baik. Jika masyarakat menerima itu sesuai urutannya, maka itu beres," jelasnya.

Yang dikhawatirkan, lanjut Ganjar, jika ada masyarakat yang tidak sabar kemudian mencari cara agar mendapatkan vaksin secepatnya. Maka antrean itu memang harus diatur ketat.

"Ini yang harus diantisipasi. Maka di Jateng saya sudah minta pendataan, bagaimana urut-urutannya, prioritasnya, berapa jumlahnya sampai pada sistem antreannya sehingga bisa di-cover dengan baik. Di luar itu, tentu tidak masuk dalam kewenangan dan sistem yang ada di kami," kata Ganjar.

"Tentu yang swasta, kami harapkan juga mengikuti langkah kami ini," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi kabar gembira terkait vaksin Corona. Vaksin Corona untuk masyarakat akan diberikan secara gratis.

"Setelah menerima banyak masukan masyarakat dan melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis," kata Presiden Jokowi lewat YouTube Sekretariat Kepresidenan, Rabu (16/12).

"Sekali lagi, gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," katanya.

(alg/sip)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT