Round-Up

Partai Ummat Mulai Eksis di DIY: Kantor PAN Diduduki-Masyumi Bergabung

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 08:24 WIB
Partai Ummat duduki kantor DPW PAN DIY.
Partai Ummat duduki kantor DPW PAN DIY (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta - Partai Ummat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menduduki kantor eks Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PAN DIY. Tak hanya itu, Partai Masyumi DIY juga bergabung ke Partai besutan Amien Rais tersebut.

Person in charge (PIC) Partai Ummat di DIY, Nazaruddin mengatakan saat ini partai Ummat menduduki kantor DPW PAN di Jalan Ngeksigondo No.5 Kecamatan Kota Gede, Kota Yogyakarta. Partai Ummat menduduki kantor tersebut sejak Nazaruddin dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPW PAN DIY.

"Ya sejak saya di-Plt (PAN), jadi ketika sudah tidak jadi fungsionaris PAN ini disulap jadi kantor Partai Ummat. Ke depannya tempat ini dijadikan pusat aktivitas partai Ummat di DIY," kata Nazaruddin saat ditemui di Kantor Partai Ummat DIY, Kota Yogyakarta, Selasa (15/12/2020).

Nazaruddin menyebut kantor tersebut merupakan milik salah seorang kader Partai Ummat besutan Amien Rais. Nazaruddin pun menampik adanya alih fungsi kantor PAN di tingkat Kota/Kabupaten di DIY.

"Kantor ini milik salah satu pengurus Partai Ummat di Bantul, nah yang bagian belakang itu jadi kantor DPD Partai Ummat Kota Yogyakarta," ujarnya.

"Kalau yang lain (kantor PAN di Kabupaten) kan sifatnya mengontrak, seperti (Kantor DPD) Sleman juga kan sudah pindah. Nah di Sleman itu kita punya kantor baru, di Jalan Palagan, Sariharjo terus di Bantul di Imogiri dan untuk Gunungkidul sama Kulon Progo menyusul," sambung Nazaruddin.

Dia menambahkan saat ini Partai Ummat telah membentuk tim kepengurusan. Di mana mekanisme pembuatan membentuk PIC untuk di DIY adalah dirinya.

Partai ini rencananya juga akan dideklarasikan secara virtual pada Januari 2021 mendatang. Dia pun mengklaim banyak kader PAN DIY yang ingin bergabung dengan partai besutan Amien Rais ini, di antaranya mantan Sekretaris DPW PAN DIY, Tutiek Masria dan Eks Bendahara Marthia Adel Heida.

"Termasuk beberapa yang tidak bisa hadir ada mantan pengurus DPW PAN lainnya. Istilahnya, bedol desa, bedol rumah. Tidak hanya kantor, tapi orang-orangnya," ujarnya.

Hanya saja, pendiri Partai Ummat yakni Amien Rais berpesan agar tidak migrasi besar-besaran dari PAN ke partai besutannya. Di mana para kader PAN yang kini duduk di kursi dewan, termasuk putra-putrinya, Hanum Rais, dan Baihaqy Rais untuk tidak terburu-buru pindah ke Partai Ummat.

Selanjutnya
Halaman
1 2