Partai Masyumi DIY Gabung ke Partai Ummat

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 19:08 WIB
Partai Ummat duduki kantor DPW PAN DIY.
Partai Ummat duduki kantor DPW PAN DIY. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Person in charge (PIC) Partai Ummat di DIY, Nazaruddin menyebut saat ini partainya tengah menyusun kepengurusan. Dia menyebut Partai Masyumi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ikut melebur dengan partai besutan Amien Rais ini.

"Jadi teman-teman ini dari panitia pembentukan Partai Masyumi DIY yang diketuai oleh Sujatmiko," kata Nazaruddin saat ditemui di Kantor Partai Ummat DIY Jalan Ngeksigondo No 5 Kecamatan Kota Gede, Kota Yogyakarta, Selasa (15/11/2020).

Nazaruddin mengatakan menyambut baik bergabungnya Partai Masyumi DIY ke Partai Ummat DIY. Menurutnya, Partai Masyumi memiliki tujuan yang sama dengan partai berlogo perisai tauhid itu.

"Intinya tidak ada alasan jalan sendiri-sendiri karena kami punya tujuan yang sama dan teman-teman dari Masyumi akan jadi pengurus di DPP, DPW dan DPD Partai Ummat," lanjut Nazaruddin.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembentukan Partai Masyumi di DIY Sujatmiko membenarkan hal tersebut. Keputusan itu dia ambil setelah mempelajari visi-misi yang ternyata ada kesamaan antara Partai Masyumi dengan Partai Ummat.

"Jika jalan sendiri-sendiri tidak produktif dan keluarga besar Masyumi gabung jadi satu. Jadi kami bergabung dengan Ummat untuk kepentingan umat Islam," kata Sujatmiko saat ditemui di Kantor Partai Ummat.

Sujatmiko pun tidak mempermasalahkan soal bergabungnya Partai Masyumi dengan Partai Ummat. Dia juga tak keberatan jika Partai Masyumi melebur dengan Partai Ummat.

"Karena untuk mencapai tujuan umat Islam perlu bersatu. Sehingga partai Islam yang halauan pembaharuan hanya satu. Sementara ini kami menggabungkan diri, jika di Jakarta ada rembugan lagi monggo," ujarnya.

(ams/sip)