Paslon Tunggal Kebumen Klaim Menang: Tak Ada Lagi Asri-Koko

Rinto Heksantoro - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 14:27 WIB
Paslon Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih mengklaim unggul dari kotak kosong di Pilkada Kebumen, Rabu (9/12/2020).
Paslon Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih mengklaim unggul dari kotak kosong di Pilkada Kebumen (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Kebumen -

Pasangan calon (paslon) Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih mengklaim kemenangan melawan kotak kosong di Pilkada Kebumen. Pasangan yang diusung koalisi gemuk 9 parpol itu pun mengajak semua warga Kebumen kembali bergandengan tangan seusai Pilkada 2020.

"Kita berkumpul untuk mengumumkan hasil penghitungan cepat tim pemenangan Arif-Rista. Pilkada Kebumen telah berjalan dengan lancar damai dan dimenangkan oleh Haji Arif Sugianto dengan wakil ibu Hajah Ristawati Purwaningsih," kata Ketua Tim Pemenangan Arif-Rista, Saiful Hadi, saat menggelar jumpa pers di posko pemenangan, Kebumen, Rabu (9/12/2020).

Saiful menyebut pihaknya berhasil meraih 60,7 persen suara, sedangkan kotak kosong memperoleh 39,3 persen. Dia pun meminta seluruh timnya untuk move on dari Pilkada.

"Ibarat orang tinju pukul-pukulan sudah selesai, setelah tahu siapa pemenangnya pemainnya berangkulan para penontonnya bersalaman sehingga kita harapkan kita bersama kembali bersatu untuk membangun Kebumen, tidak ada lagi istilah Asri (Arif Sugianto-Ristawati) dan koko (kotak kosong)," tegasnya.

Sementara itu, Cabup Kebumen Arif Sugianto mengaku lega karena proses Pilkada telah usai. Wakil Bupati Kebumen ini meminta seluruh masyarakat bergandengan tangan memajukan Kebumen.

"Dari awal kami targetnya meraih kemenangan dengan aman dengan damai. Targetnya cuma satu, menang terhormat dan tentunya damai untuk masyarakat Kebumen. Sekarang ini adalah kemenangan pesta demokrasi seluruh masyarakat Kabupaten Kebumen. Jadi marilah kita sama-sama bergandengan tangan," ajak Arif.

"Sekarang kita memiliki tugas yang cukup besar yaitu mewujudkan masyarakat Kebumen yang sejahtera mandiri dan berakhlak, dan tentunya kami berdua terbuka untuk masukan-masukan yang bersifat membangun dalam pemerintahan kami," imbuhnya.

Diwawancara terpisah, Ketua KPU Kebumen, Yulianto, juga merilis hasil perolehan sementara melalui quick count KPU. Dari hasil quick count tersebut, per Rabu (9/12) pukul 22.30 WIB, pasangan Arif-Rista unggul dengan perolehan 315.555 suara (59 persen), sedangkan kotak kosong hanya mendapatkan 200.061 suara (38 persen), dan surat suara tidak sah sebanyak 17.323 (3 persen). Data tersebut diperoleh dari 2.536 TPS dari total 3.155 TPS.

"Ini sebagian dari transparansi sebenarnya, saya yakin masyarakat juga memerlukan informasi perkembangan rekapitulasi sementara. Ini bagian dari KPU untuk menginformasikan sementara perolehan yang sudah dilaporkan di jajaran KPU. Keputusan akhirnya nanti tetap diputuskan dalam rapat pleno terbuka," tutur Yulianto.

Untuk diketahui, pasangan Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih maju Pilkada Kebumen 2020 diusung oleh 9 parpol dengan total 50 kursi. Parpol tersebut adalah PDIP dengan 12 kursi, disusul PKB 9 kursi, Gerindra dengan 7 kursi, kemudian Partai Golkar 6 kursi, PPP 4 kursi, NasDem 4 kursi, PAN 3 kursi, Demokrat 3 kursi, dan PKS 2 kursi.

(ams/rih)