Calon Tunggal Pilkada Boyolali Diklaim Menang 95,6 Persen

Ragil Ajiyanto - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 22:47 WIB
Tim pemenangan pasangan calon Pilkada Boyolali, M. Said Hidayat-Wahyu Irawan, mengumumkan kemenangan di DPC PDIP Boyolali, Rabu (9/12/2020).
Tim pemenangan pasangan calon Pilkada Boyolali, M. Said Hidayat-Wahyu Irawan, mengumumkan kemenangan di DPC PDIP Boyolali, Rabu (9/12/2020). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali -

Tim pemenangan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Boyolali dalam Pilkada 2020, mengumumkan kemenangan. Hasil sementara dari hitung cepat yang dilakukan PDIP, pasangan calon M Said Hidayat-Wahyu Irawan berhasil menang dengan perolehan suara 95,6 persen.

"Pasangan M Said Hidayat-Wahyu Irawan terpilih dan atau disetujui sebagai Bupati-Wakil Bupati Boyolali lima tahun ke depan hasil Pilkada hari ini. Perolehan suara dukungan untuk pasangan M Said Hidayat-Wahyu Irawan berada pada 95,6 persen," ujar pengendali tim pemenangan pasangan calon M Said Hidayat-Wahyu Irawan, Seno Kusumoarjo, dalam pengumuman pemenangan di gedung Panti Marhen DPC PDIP Boyolali, Rabu (9/12/2020).

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Boyolali yang telah memiliki hak pilih atas partisipasinya dalam Pilkada 2020 ini. Sehingga tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada hari ini mencapai 89 persen.

"Kepada segenap lapisan masyarakat di manapun anda berada, kami menyampaikan terima kasih yang tulus dan dalam atas partisipasi segenap jajaran warga pemegang hak pilih Pilkada hari ini yang telah membuktikan bukan saja kepada Boyolali, tetapi kepada seluruh warga Indonesia. 89 persen pemegang hak pilih dari DPT (daftar pemilih tetap) yang ada, hadir di TPS. Tingkat kehadiran 89 persen," kata Seno.

Ketua tim pemenangan yang juga ketua DPC PDIP Boyolali, S Paryanto, menjelaskan hasil sementara hitung cepat yang dilakukan oleh PDIP Boyolali. Pasangan M Said Hidayat-Wahyu Irawan yang merupakan calon tunggal dalam Pilkada 2020 ini berhasil memperoleh kemenangan dengan raihan suara sebanyak 662.068 atau 95,6 persen. Sementara kotak kosong sebanyak 30.552 (4,41 persen) dan suara tidak sah 20.827 (2,92 persen). Menurut dia, data tersebut masih ada 15 TPS yang belum masuk.

"Jumlah DPT (daftar pemilih tetap) Pilkada 2020 sebanyak 796.844. Tingkat kehadiran yang luar biasa 89,53 persen. Ini sangat luar biasa, menjadi sejarah di Indonesia, karena target nasional (tingkat kehadiran) itu tidak mencapai 80 persen," imbuh S Paryanto.

Sementara itu berdasarkan hasil penghitungan yang dilakukan KPU Boyolali, dan dilihat detikcom di web https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura/3309 hingga pukul 17.44 WIB, pasangan M. Said Hidayat-Wahyu Irawan memperoleh suara 95%, sedangkan kotak kosong 5%. Data yang masuk baru 1,14% atau 26 TPS dari total 2.277 TPS.

Menanggapi kemenangannya, calon Bupati Boyolali, M Said Hidayat, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Boyolali. Kemenangan tersebut merupakan kemenangan bersama masyarakat Boyolali.

"Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Boyolali, kami mengucapkan terima kasih atas perjuangannya, atas kebersamaannya atas capaian kemenangan kita. Ini adalah merupakan kemenangan masyarakat Kabupaten Boyolali. Ini adalah kemenangan bersama dan tujuan kita untuk meneruskan pembangunan di Boyolali," ucap Said.

(rih/ams)