Pilkada 2020

Akui Istrinya Kalah, Bupati Blora Ucapkan Selamat ke Wabup Petahana

Febrian Chandra - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 19:54 WIB
Arif Rohman-Tri Yulisetyowati mengumumkan keunggulan di kantor DPC PDIP Blora, Rabu (9/12/2020). Arif merupakan wakil bupati petahana Blora yang maju melawan istri bupati Blora Umi Kulsum di Pilkada.
Arif Rohman-Tri Yulisetyowati mengumumkan kemenangan versi quick count Pilkada di kantor DPC PDIP Blora (Foto: Febrian Chandra/detikcom)
Blora -

Bupati Blora Djoko Nugroho mengakui kekalahan istrinya, Umi Kulsum, yang berpasangan dengan Agus Sugiyarto di hasil quick count internalnya. Djoko pun mengakui kalah dari pasangan Arif Rohman-Tri Yulisetyowati (Artis) di Pilkada Blora 2020.

"Inilah kompetisi ada yang kalah dan menang, dan alhamdulillah sekarang ini saya yang kalah. Memang saat proses penghitungan belum selesai, kalau melihat seperti ini, nggak ada salahnya saya mengucapkan selamat kepada pasangan ARTIS, Pak Arif Rohman sama Bu Etik sebagai yang terbaik untuk memimpin Blora, semoga Blora ke depan di tangan pasangan ARTIS lebih baik," kata Djoko Nugroho kepada wartawan, saat ditemui di kantor Badan Pemenangan Umi Kulsum-Agus Sugiyarto, Blora, Rabu (9/12/2020).

Meski begitu, Kokok sapaan karibnya, tak mengungkap data perolehan istrinya jika dibandingkan dengan paslon lainnya di Pilkada Blora. Terlepas dari itu, Kokok mengaku bersyukur proses Pilkada Blora berjalan lancar.

"Yang pertama jelas kita bersyukur semua proses demokrasi Pilkada Blora berjalan dengan aman dan tentram. Itu dulu yang kita syukuri," ucapnya.

Terpisah, paslon Arif Rohman-Tri Yulisetyowati mengklaim telah memenangi Pilkada Blora. Mereka mengacu pada data Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP.

"Alhamdulillah sore ini, 70% suara sudah masuk rekapitulasi. Dari 70% itu kita unggul 58,93%," kata Arif Rohman saat jumpa pers di kantor DPC PDIP Blora, sore ini.

Arif mengatakan data BSPN PDIP itu diambil dari 1.535 TPS dari total 2.198 TPS. Dari data tersebut paslon Dwi Astutingsih-Riza Yuda memperoleh 9.060 suara, dan paslon Umi Kalsum-Agus Sugiyarto meraih 124.856 suara.

"Kita unggul dari paslon lainnya. Kita peroleh 193.986 suara," kata Arif.

Arif pun meminta para pendukungnya untuk menjaga suasana kondusif Pilkada Blora 2020. Wakil Bupati petahana Blora ini berharap juga meminta pendukungnya menanti pengumuman resmi dari KPU.

"Kepada para pendukung, jangan jemawa, tetap santun, tetap menunggu pengumuman resmi dari KPU," ujarnya.

"Ini adalah kemenangan masyarakat Blora, masyarakat yang rindu perubahan. Masyarakat yang ingin Blora lebih baik. Hari ini sudah tidak ada perbedaan, mari kita bersatu untuk sesarengan bangun Blora," tutur Arif.

Sementara itu, paslon Dwi Astutingsih-Riza Yuda menyampaikan ucapan selamat kepada Arif Rahman-Tri Yulisetyowati yang telah unggul dalam hitungan cepat.

Saat dihubungi, Riza Yuda juga menyampaikan terima kasih kepada timnya yang sudah bekerja maksimal.

"Selamat kepada paslon nomor urut 2 Arif Rohman dan Tri Yulisetyowati yang unggul di perhitungan cepat. Meski masih hitungan cepat, saya yakin hasil akhirnya tetap dimenangkan oleh Arif-Tri Yulisetyowati. Tinggal dikawal perhitungan sampai akhir. Untuk Bu Umi dan Mas Agus tetap semangat. Inilah kompetisi ada yang menang dan ada yang kalah," kata Riza saat dihubungi detikcom.

Terpisah, Ketua KPU Blora M Hamdum meminta semua pihak menghormati proses Pilkada 2020. Pengumuman pemenang secara resmi akan diumumkan mendatang.

"Terkait proses resminya tentu harus menunggu yang secara berjenjang akan disampaikan oleh KPU. Tahapannya akan dimulai besok hari," ujar Hamdum.

(ams/rih)