ADVERTISEMENT

Pilkada 2020

Suasana Pencoblosan di TPS untuk Para Pengungsi Gunung Merapi

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 10:58 WIB
Suasana pencoblosan para pengungsi Gunung Merapi di TPS 8 Glagaharjo, Sleman, Rabu (9/12/2020).
Suasana pencoblosan para pengungsi Gunung Merapi di TPS 8 Glagaharjo, Sleman, Rabu (9/12/2020). (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Pilkada serentak 2020 berlangsung hari ini. Warga yang memiliki hak suara ramai-ramai mengunakan hak pilihnya. Tak terkecuali warga yang mengungsi karena berada di kawasan rawan bencana (KRB) Gunung Merapi.

Di Kabupaten Sleman, terdapat satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang harus direlokasi karena masuk radius bahaya yaitu TPS 8 Kalitengah Lor. TPS itu kemudian dipindah di sebelah timur barak pengungsian Glagaharjo, tepatnya menggunakan gedung TK ABA Cepitsari.

Pantauan detikcom di TPS sejak pukul 07.20 WIB, Rabu (9/12/2020) warga sudah mulai memadati lokasi pencoblosan. Baik mereka yang usia tua maupun masih muda tampak berdatangan ke TPS.

Di TPS itu diterapkan protokol kesehatan seperti wajib cuci tangan, jaga jarak, memakai masker, dan saat memilih menggunakan sarung tangan plastik untuk mencegah paparan virus Corona atau COVID-19.

Seorang warga Kalitengah Lor, Fajar Pamungkas, bercerita dirinya harus turun dari lereng Gunung Merapi untuk ikut pencoblosan. Sebab, sebagian warga telah diungsikan karena padukuhannya masuk radius bahaya saat Gunung Merapi berstatus Siaga (Level III).

Suasana pencoblosan para pengungsi Gunung Merapi di TPS 8 Glagaharjo, Sleman, Rabu (9/12/2020).Suasana pencoblosan para pengungsi Gunung Merapi di TPS 8 Glagaharjo, Sleman, Rabu (9/12/2020). (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)

"Sebagian warga sudah mengungsi terutama lansia, kalau saya masih di atas. Ini turun sebentar untuk mencoblos," kata Fajar ditemui di lokasi TPS, siang ini.

Ia mengaku tidak keberatan untuk turun dari tempat tinggalnya. Menurutnya proses pencoblosan berjalan relatif cepat.

"Tidak masalah turun. Ini milih sebentar saja kemudian saya naik lagi," ucapnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT