Debat Pilkada Solo

Ditanya Upaya Tangani Corona, Gibran: Walkot Siapkan RS Darurat

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 22:20 WIB
Paslon Gibran-Teguh dan Bajo saat debat pamungkas Pilkada Solo, Kamis (3/12/2020)
Paslon Gibran-Teguh dan Bajo saat debat pamungkas Pilkada Solo, Kamis (3/12/2020) (Foto: dok tangkapan layar Pilkada Solo di akun YouTube KPU Solo)
Solo -

Calon Wakil Wali Kota Solo, FX Supardjo, melontarkan pertanyaan upaya untuk menangani kasus virus Corona atau COVID-19 di Kota Solo kepada rivalnya dalam debat Pilkada Solo malam ini. Calon Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyinggung Wali Kota Solo saat ini, FX Hadi Rudyatmo, yang sudah menyiapkan rumah sakit (RS) darurat Corona.

"Untuk ke depan, protokol kesehatan akan terus ditingkatkan. Pelayanan, kualitas pelayanan di Puskesmas dan RSUD juga harus ditingkatkan. Karena seperti yang Pak Teguh tadi bilang, rumah sakit kita itu bukan hanya merawat pasien dari Solo, tapi juga Solo Raya dan mungkin juga sekitar Jawa Tengah juga," kata Gibran, Kamis (3/12/2020).

"Jadi ke depan perlu peningkatan kualitas RSUD dan Puskesmas, kita pastikan tenaga medis punya APD yang lengkap, kita pastikan jumlah kamar cukup
untuk rawat pasien-pasien COVID. Seperti saya bilang tadi, Pak Walkot sudah menyiapkan rumah sakit darurat di (asrama haji) Donohudan, jadi... itu, kira-kira langkah yang konkret," lanjutnya.

Selain itu, Gibran juga mengajak memupuk rasa gotong royong dan solidaritas warga. Upaya itu dilakukan di antaranya melalui program Jogo Tonggo dan Kampung Siaga COVID-19.

"Ini modal sosial kita yang paling penting untuk bisa bangkit lagi dari COVID, kita ingin Pak RT, Pak RW, ibu-ibu penggerak PKK, kader Posyandu, semua bergerak agar COVID bisa segera selesai di Solo," ujar Gibran.

Diketahui, dua pasangan calon (paslon) Pilkada Solo 2020, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo), mengikuti debat publik kedua di studio TATV, Solo, malam ini.

(rih/sip)