FX Rudy Usul Asrama Haji Boyolali Jadi RS Darurat Corona, Ganjar: Oke!

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 22:31 WIB
Asrama Haji Donohudan, Selasa (23/7/2019).
Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Selasa (23/7/2019). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mempersilakan jika Asrama Haji Donohudan digunakan sebagai tempat isolasi pasien virus Corona atau COVID-19. Bahkan ia menyebut asrama di Boyolali itu sudah bisa dipakai secepatnya.

Hal itu diungkapkan Ganjar menanggapi permintaan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo untuk menggunakan Asrama Haji Donohudan sebagai tempat rumah sakit darurat karena membeludaknya kasus Corona di Solo.

"Oke, kalau saya oke saja. Donohudan itu memang kita siapin kok, oke saja kalau mau dipakai. Hotel ada, Donohudan juga ada. Umpama Solo mau pakai, masuk nanti sore. Nggak usah lama-lama," kata Ganjar ditemui detikcom di rumah dinasnya, Rabu (2/12/2020).

Ganjar juga mendorong kabupaten/kota memiliki tempat isolasi terpusat. Karena menurutnya, orang yang terpapar COVID-19 lebih baik diisolasi di tempat khusus daripada di rumah.

"Kan memang lebih baik terpusat, daripada isolasi di rumah. Soalnya isolasi di rumah kalau tidak memenuhi syarat, justru menjadi klaster rumah tangga. Dan sekarang, klaster rumah tangga itu menjadi klaster tertinggi di Jateng," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan ruang isolasi rumah sakit di Kota Solo, Jawa Tengah, telah penuh. Dia mengusulkan agar Asrama Haji Donohudan di Boyolali difungsikan menjadi rumah sakit darurat Corona.

"Sudah saya usulkan tiga kali kepada Pak Gubernur agar Asrama Haji Donohudan bisa digunakan untuk rumah sakit darurat tapi belum ada tanggapan," kata Rudy saat ditemui di kawasan Pucangsawit, Kota Solo, Rabu (2/12).

Sementara itu, Bupati Boyolali Seno Samodro mengatakan kewenangan pemanfaatan asrama haji Donohudan ada pada Gubernur Jateng.

"Itu kewenangan Gubernur," ujar Seno saat dihubungi wartawan, Rabu (2/12/2020).

"Saya sih monggo saja," lanjutnya singkat.

(alg/rih)