38 Nakes RS Yogya Kena Corona, 9 di Antaranya Mahasiswa Koas

Pradito Rida Pertana - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 18:34 WIB
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi. Foto diambil Selasa (27/10/2020)
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menyebut ada 38 tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit (RS) Yogya yang terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Sebanyak 7 di antaranya merupakan dokter dan 9 mahasiswa koas.

"Jadi RS Yogya, telah melakukan screening dengan melakukan swab kepada 228 nakes yang bekerja melayani pasien COVID-19. Hasilnya ada 22 nakes, 7 dokter dan 9 mahasiswa koas positif COVID-19," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (29/11/2020).

Pemeriksaan tersebut dilakukan minggu lalu dan hasilnya keluar pada dua hari yang lalu. Saat ini mereka yang positif COVID-19 menjalani isolasi mandiri.

"Para nakes itu, semua melakukan isolasi mandiri. Beberapa di antaranya masuk shelter yang ada di RS Yogya, yang mampu menampung 30 pasien isolasi mandiri. Yang lainnya berada di rumah masing-masing," ucapnya.

"Penyebabnya dari mana, masih dianalisis dan screening lanjutan untuk kontak erat dengan nakes tersebut sedang dilakukan," lanjut Heroe.

Heroe mengatakan pelayanan di RS Yogya terap berlangsung. Sebab, kata Heroe, penularan hanya terjadi di poli COVID-19.

"Tidak (ditutup). Sebab yang terkena adalah area COVID-19, dan masih ada dokter dan nakes lainnya yang masih bisa memberikan pelayanan kepada pasien. Sehingga semua poliklinik dan pelayanan di RS Yogya tetap jalan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

(sip/sip)