KPK Usut Pembangunan Stadion Mandala Krida, Sultan: Biarkan Berproses

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 15:56 WIB
Stadion Mandala Krida 2020
Stadion Mandala Krida, Sabtu (8/2/2020). (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

KPK tengah mengusut dugaan tindak pidana korupsi dalam pembangunan Stadion Mandala Krida di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mempersilakan kasus dugaan korupsi itu diusut KPK.

"Wah ya ndak tahu (proses hukum kasus dugaan korupsi pembangunan Mandala Krida). Ya kalau saya itu kalau di koran kan yang mengajukan kan antarpemborong ya, kalau tidak kleru (salah) ya," kata Sultan saat ditanya wartawan soal proses hukum KPK, di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Selasa (24/11/2020).

"Yang di pengadilan itu kalau di koran lho. Ya mungkin dari hasil itu (berlanjut penyelidikan oleh KPK). Saya tetap tidak tahu perkembangannya, pemeriksaan kapan saya kan sudah tidak tahu, ya kita lihat aja nanti gimana hasilnya (penyidikan KPK)," sambungnya.

Sultan juga tidak tahu-menahu terkait pemanggilan sejumlah saksi oleh KPK. Pihaknya pun mempersilakan KPK untuk melanjutkan proses penyidikan.

"Ya saksi yang diperiksa KPK siapa saya juga tidak tahu kok. Itu kan urusan hukum, biar berproses saja," katanya.

Sementara itu, terkait pengusutan dugaan korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida, KPK hari ini memanggil sembilan saksi untuk diperiksa. Pemeriksaan dilakukan di kantor KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta, hari ini. KPK mendalami dugaan korupsi pembangunan Stadion Mandala Krida APBD tahun anggaran 2016-2017 di pemerintahan DIY.

"Hari ini dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan saksi," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (24/11).

Berikut nama-nama saksi yang dipanggil KPK:
1. PNS Bappeda DIY sekaligus Pokja Proyek Pembangunan Stadion Mandala Krida, Gustik Lestarna
2. Direktur Human Capital dan Pengembangan PT Wijaya Karya (WIKA), Novel Arsyad
3. Ketua Pokja Pembangunan Stadion Mandala Krida sekaligus PNS Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi SDM, Dedi Risdiyanto
4. Wiraswasta CV Sukses Mandiri Teknik, Erwin Alexander
5. Swasta CV Reka Kusuma Buana, Hery Kristiyanto
6. PNS Setda Provinsi DIY sekaligus Pokja Proyek Pembangunan Stadion Mandala Krida Joko Susilo
7. Direktur Utama PT Citra Prasasti Konsorindo, Irfan Fikri Aulia
8. Anggota Pokja 2 Pembangunan Stadion Mandala Krida sekaligus PNS Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Sumitro Yuwono
9. Staf CV Reka Kusuma Buana, Sigit Susilo Abriansyah.

(ams/rih)