Inskripsi Akhirnya Terungkap, Yayasan Menara Kudus Pikirkan Pengamanannya

Dian Utoro Aji - detikNews
Sabtu, 21 Nov 2020 17:10 WIB
Inskripsi di lantai Masjid Al-Aqsha Menara Kudus, Sabtu (21/11/2020).
Penampakan inskripsi di lantai Masjid Al-Aqsha Menara Kudus. (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus belum memiliki rencana untuk mengkaji inskripsi yang terungkap setelah karpet Masjid Al-Aqsha Menara Kudus digulung karena pandemi virus Corona. Pihak yayasan menyebutkan inskripsi tersebut sudah jelas terkait dengan perbaikan atap masjid.

"Sepertinya sudah jelas (inskripsi itu memang tentang perbaikan atap). Tapi nanti lebih jelas dari pengurus (Ketua Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus) seperti apa," kata Humas Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus, Denny Nur Hakim kepada detikcom saat ditemui di kompleks Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus, Sabtu (21/11/2020).

Denny mengatakan, pihaknya juga masih merencanakan akan memberikan semacam pengaman di inskripsi tersebut.

"Terkait dengan pengamanan di inskripsi itu masih kita pikiran seperti apa,"lanjut dia.

Seperti diketahui sebelumnya, pihak yayasan selama ini belum mempublikasi terkait inskripsi tersebut. Karena inskripsi tersebut selama ini tertutup karpet yang berada di lantai masjid yang didirikan oleh Sunan Kudus pada abad ke 15 M itu.

"Jadi yayasan sudah mengetahui sudah lama, memang selama ini tidak pernah istilahnya itu kita publikasi ke luar, itu tidak pernah, secara resmi tidak pernah. Jadi kalau seandainya, kita main logika itu kan ditutup dengan karpet, pada saat pergantian tidak terketahui kan lucu. Jujur kita sendiri, saya pribadi sudah mengetahui 10 tahun yang lalu," kata Denny.

Suasana Masjid Al-Aqsha Menara Kudus dengan inskripsi di lantainya, Sabtu (21/11/2020).Inskripsi di lantai Masjid Al-Aqsha Menara Kudus, Sabtu (21/11/2020). Foto: Dian Utoro Aji/detikcom

Tulisan inskripsi tersebut kata dia ada dua jenis. Yakni berangka dan bertuliskan huruf arab. Kata dia jika dicocokkan dengan kalender Masehi, inskripsi yang angka menunjukkan 14 Oktober 1953 atau bertepatan dengan hari Senin Wage. Sedangkan untuk inskripsi 41173H (semula bertuliskan arab) jika dibaca adalah 4 Safar 1373 Hijriyah.

"Yang angka kapital ini 14 Oktober 1953 Masehi. Sedangkan tuliskan arab itu 4 Shafar tahun 1373 Hijriyah. Nah inskripsi ini ada dua, yang berangka tahun ada dua, yang satu bertuliskan huruf arab. Penulisannya berupa tanggal, yang mana tanggal tersebut sesuai dengan cerita itu perbaikan atap masjid," terang Denny.

Denny mengatakan inskripsi ini diperkirakan tentang perbaikan atap Masjid Al-Aqsha Menara Kudus. Namun tidak dipungkiri perbaikan yang lain juga dilakukan pada saat itu. Sejauh ini kata dia, sudah beberapa kali kompleks Masjid Al-Aqsha Menara Kudus dilakukan perluasan.

Selanjutnya
Halaman
1 2