Kepala KUA Jogonalan Klaten Meninggal Positif Corona

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 20 Nov 2020 15:44 WIB
Kantor KUA Jogonalan, Klaten, Jumat (20/11/2020).
Kantor KUA Jogonalan, Klaten, Jumat (20/11/2020). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, MZ (58), meninggal dunia. Almarhum sebelumnya dinyatakan positif terkonfirmasi virus Corona atau COVID-19.

"Benar yang bersangkutan terkonfirmasi COVID-19. Padahal Kantor Kemenag Klaten sejak awal pandemi sudah melaksanakan prokes pencegahan di jajaran Kemenag Klaten dengan ketat," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Klaten, Anif Solikin, saat dihubungi detikcom, Jumat (20/11/2020).

Anif menjelaskan protokol kesehatan di jajaran Kemenag sampai KUA telah dilaksanakan sejak lama. Pembagian tugas ASN dilakukan untuk work from home (WFH) atau work from office (WFO).

"Selain WFH dan WFO kita juga menyediakan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir. Wajib pakai masker, memeriksa semua tamu dan pegawai yang masuk kantor dengan thermo gun, penyemprotan ruangan dengan disinfektan dan lainnya," jelas Anif.

Terkait pegawai di KUA Jogonalan, lanjutnya, saat ini sudah dilakukan tracing dan swab oleh Satgas COVID-19 Kabupaten Klaten. Hasil sementara, satu orang dinyatakan positif Corona.

"Ada satu yang positif. Bagi yang positif diminta isolasi mandiri," kata Anif.

"Yang negatif bisa masuk kantor, yang positif isolasi mandiri. Bagi yang hasil swab-nya belum keluar diminta melaksanakan tugas WFH di rumah," sambung Anif.

Diwawancara terpisah, penyuluh agama KUA Jogonalan, Alif, mengatakan kegiatan di kantor saat ini tetap berjalan meski ada pegawai yang WFH.

"Kegiatan tetap berjalan sesuai jadwal. Ada yang WFH dan WFO," kata Alif saat ditemui di kantornya.

Menurutnya, enam orang di kantor KUA Jogonalan sudah menjalani swab. "Ada enam yang di-swab. Ada yang sudah keluar dan ada yang belum, ada yang sudah keluar dan negatif," pungkas Alif.

Pantauan di kantor KUA Jogonalan, aktivitas pelayanan masyarakat sepi. Hanya ada empat orang di kantor tersebut.

Sementara itu, data kasus terkonfirmasi positif Corona Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten seperti dilihat detikcom, menyebutkan Kepala KUA Jogonalan MZ meninggal pada Kamis (19/11). Sebelumnya MZ dirawat sejak tanggal 8 November karena terkonfirmasi Corona.

(rih/sip)