Polisi-OJK Proses Aduan Nasabah Maybank Kehilangan Duit Rp 72 Juta

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 18:35 WIB
Ilustrasi Subsidi Bunga
Ilustrasi. (Foto: shutterstock)
Solo -

Nasabah bank Maybank Solo, Candraning Setyo, mengadukan hilangnya uang sekitar Rp 72 juta dari tabungannya. Polresta Solo dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo menindaklanjuti aduan tersebut.

"Masih dalam penyelidikan. Ada dua saksi yang sudah diperiksa, dari korban dan dari bank," kata Kasat Reskrim Polresta Surakarta AKP Purbo Adjar Waskito saat dihubungi wartawan, Rabu (18/11/2020).

Sementara itu, Kepala OJK Solo, Eko Yunianto, mengatakan telah menerima aduan tersebut pada Rabu (18/11) sore. Pihaknya akan segera mempertemukan kedua pihak.

"OJK Solo mencoba memfasilitasi dengan mempertemukan nasabah dengan pihak Maybank," ujar Eko saat dihubungi wartawan.

Diberitakan sebelumnya, korban bernama Candra awalnya kehilangan sinyal di ponselnya pada Juni 2020. Oleh pihak provider dilakukan penggantian SIM Card.

Beberapa hari setelahnya, Candra mendatangi Maybank untuk mencetak rekening koran. Dari situ dia baru menyadari uangnya raib Rp 72 juta.

Uang tersebut mengalir ke dua nomor rekening bank dan tiga akun OVO. Lima transaksi itu dilakukan hanya dalam waktu delapan menit.

Juru bicara PT Bank Maybank Indonesia Tbk, Tommy Hersyaputera, mengatakan masih menyelidiki kasus tersebut. Di sisi lain, Tommy juga mengingatkan agar nasabah selalu waspada dalam menjaga kerahasiaan data. Termasuk pula kerahasiaan PIN dan pemilihan password yang kuat.

"Terkait transaksi nasabah yang disanggah, saat ini kami sedang dalam proses investigasi atas pengaduan tersebut," kata Tommy dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Selasa (17/11).

(ams/sip)