Teror Miliaran Semut di Banyumas, Entomolog: Habibatnya Terganggu

Arbi Anugrah - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 11:24 WIB
BPBDKabupaten Banyumas bersama pihak kepolisian melakukan penyemprotan pestisida ke rumah rumah warga yang terdampak serangan semut di Banyumas, Jawa Tengah.
Upaya pemusnahan miliaran semut di Banyumas. (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Banyumas -

Miliaran semut meneror warga Desa Pageraji, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Miliaran semut itu kini menguasai pepohonan hingga rumah-rumah warga. Apa sebabnya?

Ahli Entomologi dari Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Trisnowati Budi Ambarningrum, memberikan penjelasan terkait teror semut tersebut. Dia menduga habitat semut tersebut terganggu sehingga berkembang di permukiman warga.

"Mungkin ini karena habitat terganggu. Sebenarnya semut ini bersarang di luar, tapi mungkin karena habitatnya terganggu dan semut itu termasuk serangga hama permukiman, dia bisa menyerang ke rumah," kata Trisnowati kepada detikcom, Selasa (17/11/2020).

Trisnowati lalu menyebut tiga hal yang menyebabkan serangga, termasuk semut, tertarik masuk ke rumah warga dan menetap di permukiman. Tiga hal tersebut adalah karena faktor makanan, air dan sanitasi.

BPBDKabupaten Banyumas bersama pihak kepolisian melakukan penyemprotan pestisida ke rumah rumah warga yang terdampak serangan semut di Banyumas, Jawa Tengah.Pembasmian miliaran semut yang meneror Kabupaten Banyumas. Foto: Arbi Anugrah

"Jadi semut itu termasuk yang sama dengan kecoak, memang bersifat tidak boleh ada remahan (sisa makanan) sedikit pun, (seperti) minyak setetes atau ada air setetes pun. Jadi itu yang mungkin sanitasi di permukiman di Pageraji dan karena populasi sudah cukup banyak. Bisa juga karena itu beranak pinak dan yang jelas ada makanan," urainya.

Trisnowati menjelaskan jika ingin melakukan pengendalian semut yang meresahkan warga tersebut, terlebih dahulu harus mencari sarang-sarangnya untuk mengetahui jenisnya.

Simak video 'Rombongan Semut 'Menyerang' Rumah Warga Banyumas':

[Gambas:Video 20detik]



Pakar beri tips untuk membasmi semut-semut secara efektif....