Hujan-Angin Kencang di Kudus, Pohon Tumbang Timpa Mobil

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 10 Nov 2020 19:01 WIB
Dampak hujan dan angin kencang di Kudus, Selasa (10/11/2020).
Dampak hujan dan angin kencang di Kudus, Selasa (10/11/2020). Foto: Dian Utoro Aji/detikcom
Kudus -

Hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Kudus. Dilaporkan sejumlah pohon tumbang dan tiang listrik ambruk.

"Ada lima kecamatan terdampak dengan pohon yang tumbang, mungkin ada 20 lebih pohon tumbang. Itu ada yang di bahu jalan hingga ada yang di pom bensin," kata Kasi Pengendalian Kebencanaan pada BPBD Kudus, Wiyoto, kepada wartawan di lokasi, Selasa (10/11/2020).

Wiyoto mengatakan sejumlah pohon menimpa kendaraan, seperti sepeda motor dan kendaraan roda empat. Namun menurutnya dari kejadian ini tidak ada korban jiwa.

"Mobil juga ada yang kena pohon. Kebanyakan akses jalan melintas tersendat karena ada evakuasi pohon. Tidak ada korban jiwa," jelasnya.

Dampak hujan dan angin kencang di Kudus, Selasa (10/11/2020).Dampak hujan dan angin kencang di Kudus, Selasa (10/11/2020). Foto: Dian Utoro Aji/detikcom

Salah satu kecamatan yang terdampak yakni di Kecamatan Jekulo. Camat Jekulo Wisnu Broto Purnawaman mengatakan hujan lebat disertai angin pada pukul 15.00 WIB. Selama sekitar 30 menit terjadi angin kencang.

"Di Kerawang sama depan Balai Desa Jekulo. Ada tiga tiang listrik roboh. Sudah kita hubungi PLN, saya sudah menghubungi PKLH, dan BPBD. Belum ada korban jiwa. Mobil tertimpa saat. Bulung Kulon ada satu rumah rusak tapi sudah ditangani," kata Wisnu.

Sementara itu kampus IAIN Kudus juga terdampak angin kencang. Humas IAIN Kudus, Taqiyusinna, mengatakan ada pohon dan ranting tumbang di kawasan kampus barat IAIN Kudus. Akibatnya kaca pecah pada perpustakaan lantai 2. Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.

"Kemudian genting runtuh pecah dan geser, ini pada Gedung Tarbiyah, Ushuluddin, Perpus, Syariah. Kemudian ada banyak motor yang tertimpa pohon dan genting," kata Taqiyusinna saat dimintai konfirmasi detikcom.

(rih/ams)