Daun Pisang Viral Gegara Putih Mirip Kafan, Ternyata Ini Penyebabnya

Dian Utoro Aji - detikNews
Senin, 09 Nov 2020 15:03 WIB
Sebatang pohon pisang yang memiliki sehelai daun putih menggegerkan warga Desa Bulung Cangkring, Kecamatan Jekulo, Kudus, Jawa Tengah. Begini penampakannya.
Daun pisang berwarna putih di Kudus yang viral disebut mirip kain kafan. (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Video daun pisang berwarna putih yang disebut seperti kain kafan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, viral di media sosial. Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman-Pengamat Hama Penyakit (POPT-PHP) Provinsi Jawa Tengah menyebut pisang tersebut disebabkan karena virus Fusarium.

"Kondisi seperti itu biasanya, penyebabnya warna putih karena virus fusarium," kata Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman-Pengamat Hama Penyakit (POPT PHP) Provinsi Jawa Tengah, Sucipto, kepada wartawan saat di lokasi, Desa Bulung Cangkring Kecamatan Jekulo, Kudus, Senin (9/11/2020).

Cipto mengatakan, daun pisang berwarna putih tersebut tak berkaitan dengan hal mistis. Dia mengungkap akar batang pohon pisang tersebut mengalami pembusukan.

"Setelah diteliti tim organisme pengganggu tanaman, pisang kalau ada pucuk tunasnya putih itu jangan disangkutkan dengan spiritual lainnya. Kalau dari segi biologinya itu ada PH-nya normal. Kemudian dari sekitar lingkungannya ada bonggol (akar) pisang di situ dan membusuk. Busuknya bonggol pisang itu akan mengundang virus. Itu namanya virus Fusarium," kata dia.

Faktor penyebab kedua, kata dia, yakni terkait kondisi lingkungan yang lembab. Faktor lain karena kekurangan sinar matahari.

"Kemudian karena lingkungan tanah yang lembab. Kemudian sinar matahari tidak bisa masuk. Kemudian jamur ini berkembang pesat seperti suhu," kata Cipto.

Menurutnya, jika pohon pisang berdaun putih itu dibiarkan maka lama kelamaan akan membusuk. Sebelum membusuk, jelas Cipto, daun lainnya akan ikut berwarna putih dan pohon itu tak menghasilkan buah.

"Tidak bisa berbuah. Nanti akan busuk dan mati. Kejadian seperti ini sebenarnya sudah beberapa kali. Ini kan kelihatannya seperti ini (karena dekat dengan makam). Kondisinya seperti ini. Dulu ada cuma tidak seviral seperti ini," kata Cipto.

Selanjutnya, pendapat dosen Ekofisiologi tentang daun pisang berwarna putih di Kudus....

Selanjutnya
Halaman
1 2