Ini Judul Gendhing yang Akan Iringi Pemberangkatan Jenazah Ki Seno

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 12:39 WIB
Pencipta gending Ladrang Gajah Seno, Joko Porong.
Pencipta gendhing 'Ladrang Gajah Seno', Joko Porong. Foto: Istimewa
Bantul -

Mendiang dalang kondang Ki Seno Nugroho meninggal telah berpesan kepada wiyaga (para penabuh gamelan) maupun sindhen (swarawati) yang tergabung dalam kelompok Warga Laras untuk memainkan sebuah gendhing untuk mengiringi pemberangkatan jenazahnya. Iringan gendhing itu berjudul 'Ladrang Gajah Seno' karya Joko Winarko, atau akrab disapa Joko Porong.

Gendhing itu, akan dimainkan oleh 12 sindhen dan para wiyaga saat upacara penghormatan terakhir untuk almarhum Ki Seno di rumah duka, Dusun Gayam, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu, Bantul.

"Gendhing yang akan dimainkan namanya 'Ladrang Gajah Seno'. Tapi nama itu tidak terkait dengan (wafatnya) Ki Seno karena dibuat 2 atau 3 tahun yang lalu," ujar pembuat gendhing, Joko Porong, ditemui di rumah duka, Rabu (4/11/2020).

Ia menjelaskan gendhing ini dulu dikreasikan untuk memberi waktu istirahat dalang saat pagelaran. Menurutnya, Ki Seno sendiri yang memintanya untuk membuat gendhing itu.

"Oleh karena Ki Seno ingin membuat inovasi gendhing dalam kebutuhan pakelirannya, dia hanya meminta tolong untuk membuat gendhing yang bisa untuk istirahat," jelasnya.

"Sebenarnya itu (syairnya) berangkat dari suluk-nya dalang, tapi saya bawakan dengan gendhing agar dia (Ki Seno) bisa diam beristirahat," sambungnya.

Lebih lanjut, dia baru mengetahui jika Seno meminta untuk memainkan gendhing itu untuk mengiringi pemberangkatan jenazahnya.

"Saya baru tahu tadi ternyata Warga Laras datang (mengatakan) bahwa Ki Seno hampir tiga tahun yang lalu pernah ketika di pakeliran, meminta gendhing itu bunyi dibunyikan kalau dia meninggal. Lalu dia (Ki Seno saat itu) WA di grup WA Warga Laras," bebernya.

"Kalau besok saya meninggal, tolong saya diiringi dengan gendhing ini tapi teman tidak terlalu memperhatikan. Saya tidak membuat (gendhing) untuk itu," pungkas Joko Porong.

Joko Winarko atau Joko Porong adalah kerabat dekat Ki Seno yang cukup lama menyertai proses kreatif Ki Seno semenjak awal hingga mencapai puncak karir. Joko banyak membantu proses kreatif Ki Seno di bidang garapan iringan pementasan.

Seniman karawitan lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo tersebut saat ini menjadi dosen di Jurusan Sendratasik (seni, drama tarik dan musik) FBS Unesa Surabaya.

(sip/mbr)